Welcome to Difa Oral Health Center

Opening Hours : Selasa-Jumat 14:00-20:00, Sabtu-Minggu 09:00-15:00
  Contact : +62813-1650-6535

halitosis

7 Fakta Tentang Bau Mulut

drg. Dita Firdiana

Fakta 1: Bau mulut atau halitosis dapat berdampak pada kehidupan sosial.

Fakta 2: Mayoritas orang yang memiliki bau mulut tidak menyadari bahwa dirinya memiliki bau mulut yang tidak sedap. Hal ini disebabkan oleh adanya proses adaptasi dari indra peciuman seseorang terhadap bau mulutnya sendiri. Keluhan mengenai bau mulut justru dikemukakan oleh orang-orang sekeliling yang pada akhirnya  membuat orang menyadari mengenai masalah bau mulutnya tersebut.

Fakta 3: Obat kumur yang mengklaim bisa mengatasi masalah bau mulut sebenarnya hanya bersifat sementara dan “masking effect”

Fakta 4: Ada pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter untuk mengukur kadar bau mulut seseorang dengan cara mencium aroma mulut secara langsung dengan jarak 20 cm dari mulut pasien. Pemeriksaan ini dinamakan pemeriksaan organoleptic

Fakta 5: Sembilan puluh persen penyebab bau mulut disebabkan oleh masalah di dalam mulut seperti gigi berlubang dan juga karang gigi. Dan 10% nya dapat berasal dari masalah di luar rongga mulut, seperti masalah pencernaan, sinusitis, paru-paru dan sebagainya.

Fakta 6: Sebanyak 1 triliun dollar Amerika Serikat pertahun habis untuk pembelian obat kumur untuk mengatasi masalah bau mulut, yang sebenarnya hanya bersifat sementara, “masking effect”, dan tidak mengatasi bau mulut sampai ke penyebab sebenarnya.

Fakta 7: Halitofobia adalah seseorang yang merasa khawatir dan takut berlebihan terhadap bau mulutnya sendiri.

Refrensi:

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3633265/

Skip to toolbar