Welcome to Difa Oral Health Center

Opening Hours : Selasa-Jumat 14:00-20:00, Sabtu-Minggu 09:00-15:00
  Contact : +62813-1650-6535

C3zg5NLVYAEvXq3

Cancer Phobia, apa tanda-tandanya?

Kalau dari kemarin kita membahas berbagai tanda-tanda yang kita bisa curigai sebagai suatu kanker, yang mungkin akan membuat kita menjadi parno sekarang kita berbagi tentang suatu kelainan kejiwaan yang sering disebut dengan phobia yaitu Cancer Phobia. Mungkin selama ini kita hanya tahu phobia terhadap ketinggian, ruangan sempit, dll, tapi ternyata ada yang namanya Cancer Phobia.

Cancer phobia adalah suatu ketakutan yang berlebihan terhadap kemungkinan dirinya mengindap kanker. Berbeda dari phobia lain yang biasanya akan bersikap menghindari hal yang ditakuti, pada cancer phobia justru sebaliknya. Seseorang dengan cancer phobia meyakini dirinya mengindap kanker. Sehingga, seharusnya lebih cocok disebut mengalami kelainan yang disebut Hipokondriasis, daripada Cancer Phobia.

C3zibQfUoAAsnWO

Selama ini kita pernah mendengar bahwa kekuatan pikiran dapat menyembuhkan tubuh kita dari penyakit, nah begitu pula sebaliknya. Suatu pikiran negatif akan menyebabkan suatu kelainan fisik secara nyata, yang dikenal sebagai gangguan psikosomatis atau somatisasi.

C3znITsUMAEx3r8

Sehingga apa yang akan terjadi bila seseorang meyakini bahwa dirinya memiliki kanker di dalam mulutnya, yang memiliki ciri keluhan nyeri dan kebas. Maka keluhan ini akan muncul secara nyata, seperti seakan-akan orang tersebut benar-benar mengidap kanker.

Jika kita terdiagnosis kanker, sebaknya kita harus menerima ini dan menghadapinya dengan pikiran positif dan lapang dada.Ketika kamu meyakini memiliki kanker namun dokter mengatakan bahwa kamu tidak menderita kanker, dan segala hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa sel kanker itu tidak ada dalam tubuhmu, maka bersyukur dan jalani hidup dengan produktif.

 

Salam sehat.

Skip to toolbar