Welcome to Difa Oral Health Center

Opening Hours : Selasa-Jumat 14:00-20:00, Sabtu-Minggu 09:00-15:00
  Contact : +62813-1650-6535

Frequently Asked Questions

[infobox]

Frequently Asked Questions:

[/infobox]

Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan umum mengenai kedokteran gigi dan perawatan gigi. Pilih pertanyaan untuk melihat respon kami.

Q: Apakah saya benar-benar harus pergi ke dokter gigi setiap 6 bulan?

Seberapa sering Anda pergi untuk memeriksakan gigi tergantung pada kebutuhan kesehatan mulut Anda. Tujuannya adalah untuk mengatasi masalah kecil sedini mungkin. Bagi banyak orang, ini berarti pemeriksaan gigi rutin setiap enam bulan. Dokter gigi Anda mungkin akan menyarankan agar Anda mengunjungi klinik gigi lebih sering atau kurang tergantung pada seberapa baik Anda merawat gigi dan gusi, masalah yang Anda miliki yang perlu diperiksa atau diobati, seberapa cepat karang gigi cepat terbentuk di gigi Anda, dan sebagainya.

Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

  1. Apakah saya membersihkan gigi dengan benang gigi setiap hari?

  2. Apakah saya menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride dan mengikuti instruksi

  3. dokter gigi saya tentang cara menyikat benar?

  4. Apakah saya makan diet seimbang, termasuk makanan dari semua kelompok makanan, dan membatasi makanan manis mengandung gula dan makanan yang lengket?

  5. Apakah saya merokok?

  6. Apakah saya memiliki riwayat penyakit rongga mulut atau penyakit gusi?

  7. Apakah kesehatan saya secara keseluruhan baik?

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan mulut Anda. Jawaban tersebut akan membantu Anda dan dokter gigi Anda untuk memutuskan seberapa sering Anda perlu mengunjungi klinik gigi untuk pemeriksaan rutin. Ini perlu dicatat bahwa Anda seharusnya tidak menentukan kebutuhan Anda untuk melakukan perawatan gigi pada apa yang tercakup dalam asuransi kesehatan Anda. Karena bagaimanapun lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Q: Apakah saya perlu melakukan rontgen foto pada setiap kunjungan ke dokter gigi?

Seberapa sering Anda harus melakukan foto rontgen tergantung pada kesehatan mulut Anda. Seorang yang sehat yang tidak memiliki masalah pada rongga mulutnya selama beberapa tahun mungkin tidak perlu rontgen pada setiap kunjungan. Jika anda memiliki masalah gigi dan dokter gigi Anda melakukan perawatan atau sedang memantau Anda, Anda mungkin memerlukan rontgen foto lebih sering.

Jika Anda tidak yakin mengapa harus melakukan pengambilan rontgen foto khusus, tanyakan pada dokter gigi Anda. Ingat bahwa sinar-x gigi memberikan radiasi sangat sedikit; rontgen foto adalah alat penting bagi dokter gigi Anda untuk memastikan bahwa masalah kecil pada gigi Anda tidak berkembang menjadi lebih besar.

Q: Apakah dokter gigi saya harus memakai sarung tangan dan masker, dan bagaimana saya tahu dia menggunakan alat-alat yang bersih dan steril?

Kesehatan Anda sangatlah penting bagi dokter gigi Anda. Salah satu cara yang dilakukan dokter gigi Anda untuk membantu Anda tetap sehat adalah dengan mencegah penyebaran kuman. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan perlindungan seperti sarung tangan dan masker.

Dokter gigi Anda dan anggota tim lainnya juga mencuci tangan mereka secara teratur. Selain itu, mereka mensterilkan peralatan yang digunakan di klinik gigi dan membersihkan perabot serta perlengkapan di ruang pemeriksaan. Sistem ini disebut sebagai kewaspadaan universal. Ini berarti bahwa setiap pasien diperlakukan dengan cara yang sama karena pasien tidak selalu mengetahui jika mereka sakit. Selalu lebih baik berhati-hati daripada menyesal belakangan.

Jika Anda ingin tahu bagaimana sistem ini dilakukan di klinik dokter gigi Anda, memintalah untuk menunjukkan bagaimana hal itu dilakukan atau alat-alat yang digunakan. Dokter gigi dengan senang hati meredakan kekhawatiran pasien mereka, daripada harus membuat mereka meninggalkan klinik dengan pertanyaan yang belum terjawab. Setelah Anda melihat tahapan-tahapan sterilisasi yang tepat sehingga klinik gigi anda menjadi lebih bersih dan aman, Anda akan merasa yakin.

Perlu dicatat bahwa meskipun telah melakukan tindakan pencegahan universal, masih penting untuk memberitahu dokter gigi Anda perubahan-perubahan dalam kesehatan Anda. Ini akan membantu dokter gigi Anda menyarankan pilihan yang paling tepat untuk pengobatan Anda.

Q: Kapan saya harus membawa anak saya ke dokter gigi untuk pertama kalinya?

Sangatlah penting untuk mendapatkan perawatan gigi sedini mungkin, sehingga anak Anda akan belajar bahwa kunjungan dokter gigi adalah bagian rutin dari perawatan kesehatan. Langkah pertamanya adalah memilih dokter gigi untuk anak Anda.

Bisa ke dokter gigi langganan Anda atau ke dokter gigi yang mengkhususkan diri dalam merawat anak-anak (disebut dokter gigi spesialis anak/Pedodontist). Setelah Anda memilih dokter gigi, telpon kliniknya untuk mengetahui pada usia berapa dia anjurkan untuk menemui pasien anak untuk pertama kalinya. sebaiknya pemeriksaan pada bayi dilakukan dalam waktu 6 bulan sejak erupsi gigi pertama atau pada usia satu tahun.

Sangat penting untuk membuat kunjungan pertama menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak Anda – salah satu alasannya mengapa lebih baik untuk mengunjungi dokter gigi sebelum memiliki masalah gigi. Jika Anda merasa sudah ada masalah pada gigi anak Anda, bawa anak Anda ke dokter gigi SEGERA, tidak peduli pada usia berapapun.

Jika Anda adalah seorang pasien gigi yang gampang grogi dan takut, memintalah pasangan Anda atau anggota keluarga lain untuk membawa anak Anda untuk perawatan ke dokter gigi. Jika anak Anda merasa bahwa Anda gugup, dia mungkin akan merasa gugup juga. Ketika Anda berbicara dengan anak Anda tentang pergi ke dokter gigi, jelaskan apa yang akan terjadi tanpa menambahkan hal-hal seperti “tidak akan sakit” atau “jangan takut.”

Pastikan untuk melakukan perawatan gigi rutin di rumah sedini mungkin. Mulailah membersihkan mulut anak Anda dengan kain/kasa basah yang lembut sebelum gigi tumbuh dan lanjutkan dengan sikat gigi lembut setelah ia memiliki gigi pertama. Batasi jumlah memperlakukan manis Anda memberi anak Anda, dan fokus pada pilihan makanan sehat sejak awal.

Q: Apa perbedaan antara produk pemutih gigi yang bisa saya lakukan di rumah dengan peralatan yang saya beli sendiri dipasaran dan pemutihan gigi yang dilakukan oleh dokter gigi di klinik?

Dokter gigi telah melakukan apa yang disebut pemutihan gigi “non-vital” selama bertahun-tahun. Pemutihan non-vital dilakukan pada gigi yang rusak, menghitam dan pada gigi yang telah dilakukan perawatan saluran akar. Pemutihan gigi “vital” dilakukan pada gigi yang sehat dan belakangan ini telah menjadi populer.

Pemutihan gigi vitalital pemutihan, dapat dilakukan di klinik gigi atau dokter gigi bisa juga menginstruksikan pasien tentang cara untuk melakukan pemutihan gigi sendiri di rumah. Ada berbagai macam produk yang dijual di pasaran. Tidak semua produk memiliki kandungan yang sama dan tidak semuanya memberikan hasil yang sama.

Produk yang berbeda, termasuk yang digunakan oleh dokter gigi, mungkin juga memiliki risiko dan efek samping yang berbeda.

Berikut gambarannya:

  1. Pasta gigi dengan efek memutihkan dengan bahan-bahan abrasif, sebenarnya bukan produk pemutih gigi sama sekali, bekerja hanya pada noda permukaan saja. Produk-produk ini dijual di banyak toko.

  2. Beberapa pasta gigi pemutih memang mengandung bahan kimia (atau “bleach”) yang menyebabkan reaksi kimia untuk me”nerang”kan warna gigi. Umumnya, mereka memiliki “pemutih” dengan jumlah terendah. Produk ini mungkin tidak memutihkan seperti produk lain yang lebih kuat, tetapi mereka juga memiliki lebih sedikit efek samping. Pasta ini disikat ke gigi dan dibilas, seperti pasta gigi biasa.

  3. Kit untuk memutihkan gigi yang dijual di toko-toko akan menetap/menempel di gigi Anda lebih lama dari pasta gigi dan mengandung “bleach” yang kuat. Produk yang dibeli di toko ini tidak datang dengan keamanan tambahan seperti gunanya dokter gigi Anda memonitor efek samping yang akan timbul. Produk ini juga memiliki ‘satu ukuran pas untuk semua’ tray yang akan menahan “pemutih” tersebut gigi dalam mulut dan memiliki kemungkinan bahan kimia bocor ke dalam mulut Anda lebih besar.

Dokter gigi dapat menggunakan produk dengan “pemutih” yang lebih kuat, tetapi mereka memberikan pasien petunjuk dengan tepat. Dokter gigi juga sudah terlatih untuk mengamati dan mengobati efek samping yang kadang-kadang timbul selama/setelah pemutihan. Selain itu, jika membutuhkan tray untuk menahan “pemutih”, dokter gigi menyediakan custom-made tray. Karena produk pemutih yang digunakan oleh dokter gigi memiliki kandungan yang kuat, maka cenderung akan menghasilkan hasil yang terbaik.

Pasien harus menyadari bahwa penggunaan jangka panjang produk pemutih atau bleaching dapat menyebabkan gigi sensitif atau abrasi gigi. Silakan berkonsultasi dengan dokter gigi Anda sebelum menggunakan produk pemutih atau bleaching.

Q: Dokter gigi saya merekomendasikan pengobatan/perawatan (yang saya tidak tahu apa-apa tentang itu). Apa yang harus saya lakukan?

Ajukan pertanyaan. Kedengarannya memang mudah, tapi kadang-kadang kita merasa malu untuk mengajukan pertanyaan sederhana. Tidak perlu untuk merasa seperti itu.

Anda akan merasa jauh lebih tenang, dan mampu membuat keputusan yang lebih baik, jika Anda memahami prosedur perawatan yang dianjurkan untuk Anda. Jika Anda diam saja, dokter gigi Anda mungkin berpikir bahwa Anda sudah mengerti.

Berikut adalah beberapa tips ketika mengajukan pertanyaan. Tanyakan:

  1. Dapatkan Anda melihat gambaran dari prosedur atau seperti apa hasil akhir dari perawatan tersebut;

  2. Berapa kali dokter gigi Anda telah melakukan prosedur ini di masa lalu;

  3. Berapa biayanya;

  4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan;

  5. Apakah diperlukan perawatan ulang di masa mendatang;

  6. Apakah ada perawatan alternatif, jika ada, apa pro dan kontra dari setiap pilihan.

The final decision about how and when to proceed with any treatment is yours. To help you understand what is involved in the treatment, your dentist may give you some printed material to read.

Keputusan akhir tentang bagaimana dan kapan untuk melanjutkan proses perawatan ada di tangan Anda. Untuk membantu Anda memahami apa yang terlibat dalam pengobatan, dokter gigi Anda mungkin dapat memberikan beberapa materi bacaan.

Jika Anda telah meninggalkan klinik tanpa mengajukan pertanyaan, hubungi kembali nanti. Hati-hati mencari/ mendapatkan informasi dari sumber yang tidak diketahui, termasuk sumber di internet. Beberapa informasi mungkin tidak dapat diandalkan.

Jika, setelah semua pertanyaan Anda telah dijawab Anda masih ragu, Anda mungkin ingin mendapatkan saran dari dokter gigi lain. Seringkali, pendapat kedua akan memberikan keyakinan bahwa dokter gigi Anda telah merencanakan perawatan yang tepat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar