Welcome to Difa Oral Health Center

Opening Hours : Selasa-Jumat 14:00-20:00, Sabtu-Minggu 09:00-15:00
  Contact : +62813-1650-6535

Fluoride+benefits

Fluor atau Fluoride, Zat Penuh Kontroversi (Bag. 2)

Fluoride merupakan mineral ion yang secara natural terdapat pada air, tanah, udara, dan juga berbagai makanan secara alami. Umumnya paparan fluoride pada makanan dan minuman berasal dari paparan ion flouride dari alam (vulkanik, mata air, tanah, dll).

Apa saja makanan dan minuman yang mengandung fluoride ?

Pada penelitian, diketahui kadar fluoride tertinggi terdapat pada teh, seafood, daging, bayam, dan gelatin. Dan sedikit pada buah citrus, sayuran, telur, dan susu. Namun kadar fluoride sendiri menjadi bervariasi tergantung dari kondisi geografis di suatu wilayah.

Untuk mengecek kandungan fluoride dari berbagai makanan bisa cek disini

Sedangkan produk kesehatan gigi yang selama ini mengandung fluoride adalah pasta gigi, obat kumur, dan juga berbagai produk pencegahan gigi berlubang di dokter gigi adalah varnish dan gel

Fluoride+benefits

Bagaimana fluoride dapat mencegah terjadinya gigi berlubang ?

Fluoride dapat melindungi gigi secara sistemik (melalui asupan ke dalam tubuh) dan topikal (melalui paparan dari luar).

Secara sistemik fluoride berperan dalam proses mineralisasi pembentukan gigi di dalam tulang rahang dan juga dengan peningkatan kadar fluoride di dalam air ludah. Sehingga pada saat pembentukan benih gigi, dengan adanya kadar fluoride yang cukup, akan terbentuk gigi yang susunan mineral yang kuat dan tidak mudah larut oleh asam dari bakteri dan juga makanan.

Sedangkan secara topikal, fluoride berperan pada saat gigi sudah tumbuh sempurna, dengan cara melapisi gigi sehingga tahan terhadap bakteri penyebab gigi berlubang, dengan cara membantu pembentukan kembali mineral dari lapisan gigi yang larut akibat asam dari bakteri penyebab gigi berlubang dan makanan.

Sejauh mana fluoride dapat mencegah terjadinya gigi berlubang ?

Menurut penelitian yang ada, paparan fluoride, terutama melalui air minum, dapat mencegah terjadinya gigi belubang pada gigi susu sebesar 35% dan pada gigi permanen sebesar 26%. Dan secara signifikan meningkatkan individu dengan bebas gigi berlubang pada gigi susu sebesar 15% dan pada gigi permanen sebesar 14%.

Secara umum, fluoride di dalam air minum dapat mengurangi terjadinya gigi berlubang sebesar 40 -60 %

Jika fluoride sangat signifikan untuk membantu kita memiliki struktur gigi yang kuat, mengapa fluoride ini terus menjadi kontroversi ? Berapa banyak asupan fluoride total yang kita dapatkan dari makanan ? Apakah kebutuhan fluoride sudah tercukupi melalui makanan ?

(Penulis : drg. Widya Apsari Sp.PM)

Sumber:

Baca selanjutnya:

Skip to toolbar