Welcome to Difa Oral Health Center

Opening Hours : Selasa-Jumat 14:00-20:00, Sabtu-Minggu 09:00-15:00
  Contact : +62813-1650-6535

fluor

Fluor atau Fluoride, Zat Penuh Kontroversi (Bag.3-Habis)..

Jika memang fluoride berguna untuk melindungi terjadinya gigi berlubang, mengapa masih banyak kelompok yang anti terhadap fluoride ini?

Kita semua tentu setuju dengan pernyataan segala sesuatu yang berlebihan menjadi tidak baik. Nah, hal tersebut juga berlaku untuk asupan fluoride dalam tubuh.

Berapa kadar fluoride yang aman untuk tubuh ?

Air Kemasan

Kandungan fluoride pada air kemasan di Indoensia mengikuti atutan WHO (2011) dan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 492/Menkes/Per/IV/2010 tentang persyaratan kualitas air minum, yaitu tidak lebih dari 1,5 mg/l.

Bidang Kedokteran Gigi

Untuk penggunaan di kedokteran gigi, konsentrasi fluoride rendah adalah sebanyak 0.25 – 1 mg per tablet; 1000 – 1500 mg per kg pada pasta gigi, atau konsentrasi fluoride tinggi sebanyak 400-60000 mg/kg di dalam 10 000 mg/liter atau gel, untuk penggunaan secara topikal.

Untuk konsentrasi rendah umumnya terdapat pada produk kesehatan gigi dan mulut yang dijual bebas, seperti pasta gigi dan obat kumur. Sedangkan untuk kadar tinggi, terdapat dalam produk gel dan juga varnish yang aplikasinya harus dengan petunjuk dokter gigi.

Makanan

Kadar fluoride dalam makanan seperti sayur, buah, dan daging, sangat tergantung dari kondisi alam disekitar makanan tersebut berada dengan kadar yang bervariasi.

Namun diperkitakan paparan fluoride secara alami tidak akan lebih dari 1 mg/liter, sehingga tidak memiliki pengaruh terhadap berbagai efek samping yang selama ini takuti oleh sekelompok masyarakat.

Sehingga hal yang harus kita pertanyakan adalah sudah cukupkah asupan fluoride saya ?

Jangan sampai anda sibuk menghindari flouride sampai kesehatan gigi dan tubuh anda dan keluarga menjadi taruhannya.. Karena bagaimanapun gigi adalah anugerah dari Tuhan yang harus kita jaga seumur hidup kita.

Salam Sehat,

(Penulis : drg Widya Apsari Sp.PM)

Sumber:

 

Baca juga:

Skip to toolbar