Welcome to Difa Oral Health Center

Opening Hours : Selasa-Jumat 14:00-20:00, Sabtu-Minggu 09:00-15:00
  Contact : +62813-1650-6535

ONE WAY VISION copy frenillos

Gigi Berlubang Membuat Masyarakat yang Berpenyakit ?

drg. Widya Apsari Sp.PM

Tahukah anda, bahwa gigi berlubang digolongkan ke dalam penyakit kronis dan insidensi gigi berlubang di Indonesia saat ini sudah memasuki fase mengkhawatirkan.

Mengapa dikatakan mengkhawatirkan?

Menurut Riskesdas 2013 terjadi peningkatan kejadian gigi berlubang aktif (kondisi gigi berlubang yang belum ditangani atau belum dilakukan penambalan) pada penduduk Indonesia dibandingkan tahun 2007 lalu, yaitu dari 43,4 % (2007) menjadi 53,2 % (2013).  Maka etimasinya adalah terdapat 93.998.727 jiwa masyarakat Indonesia yang menderita gigi belubang aktif. Jadi setengah lebih dari penduduk Indonesia memiliki gigi berlubang.

Kondisi ini sungguh mengkhawatirkan. Mengingat efek jangka panjang yang dapat ditimbulkan oleh gigi berlubang dapat membuat masyarakat Indonesia jadi sakit.

Jika masyarakat Indonesia banyak yang sakit maka pemerintah harus menanggung biaya pengobatan yang lebih banyak lagi. Akhirnya yang terjadi adalah kerugian ekonomi negara !!

Ah gak percaya gak punya gigi gak masalah kok.. Dokter gigi mahal.. Mending selamatin isi kantong ajalah dari pada ke dokter gigi.. 

Apakah anda yakin?

—–Kesehatan rongga mulut merupakan cermin dari kesehatan tubuh kita—-

Mengapa disebut demikian?

Kondisi gigi berlubang dengan disertai dengan sakit maupun tidak akan menyebabkan kesulitan dalam mengunyah makanan. Kesulitan dalam mengunyah makan menyebabkan seseorang malas makan, dan secara ekstrim dapat menyebabkan seseorang malnutrisi.

Mungkin pada orang dewasa hal ini tidak terjadi, namun pada anak-anak kondisi gigi berlubang akan mempengaruhi nafsu makan si anak, anak menjadi malas makan, dan cenderung rewel ketika makan.

Kan ada susu untuk yang gak punya gigi..

Okey, saya bertanya pada anda. Anda yakin mau minum susu 3 kali sehari seumur hidup anda, tanpa makanan lain? Saya sih tidak ingin hari tua saya diisi dengan makan minum susu setiap hari. Saya ingin dihari tua, saya masih bisa makan daging, ikan, sayur, buah, dengan sensasi mengunyah dan merasakan cita rasanya dengan menggunakan lidah saya.

—– Kesehatan rongga mulut merupakan aset kesehatan anda dimasa tua —–

Dari penelitian sudah terbukti bahwa kondisi kesehatan rongga mulut memiliki pengaruh terhadap kesehatan tubuh anda.. Tidak percaya?

Olsen dkk dalam jurnal NCBI berjudul Systemic Disease Caused by Oral Infection (2000) mengatakan infeksi dari rongga mulut dapat menyebabkan penyakit antara lain: penyakit jantung, penyakit pernafasan (bacterial Pneumonia), diabetes melitus, dan juga kelahiran bayi prematur/ bayi dengan berat badan dibawah normal.

Mengapa ini bisa terjadi ?

Setiap bagian tubuh berhubungan satu sama lain melalui peredaran darah, begitu juga dengan setiap bagian dari rongga mulut. Kumpulan bakteri dari infeksi di dalam mulut dapat bermigrasi menuju berbagai organ di tubuh kita dan menyebabkan berbagai penyakit.

Ah, saya punya banyak gigi yang keropos, tapi saya sehat-sehat aja..

Kalau anda sehat sekarang, anda yakin 10 tahun lagi anda masih sehat ? Kondisi yang terjadi sekarang, kadang kala baru keluar effeknya pada saat yang akan datang. Seperti anda pernah jatuh dari pohon waktu kecil, baru sekarang mengalami punggung sering encok. Atau anda yang memulai merokok di usia dini, sekarang baru mengalami penyakit pada paru-paru. Atau anda yang waktu muda suka memakai sepatu hak tinggi, sekarang baru mengalami keluhan sering pegal pada betis dan juga varises. Nah, kondisi ini juga sama halnya dengan kesehatan rongga mulut.

Ah artikelnya nyeremin nih !!!

Terkadang fakta harus disampaikan demi masa depan yang lebih baik dan juga masa tua yang sehat dan bahagia. Dimana enaknya jika masa tua kita dihabiskan dengan minum susu dan bolak balik rumah sakit.

Yuk mulai peduli akan kesehatan dan kebersihan rongga mulut anda dan keluarga anda. Dimulai dari jangan lupa menyikat gigi 2 kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Dan jangan lupa bila ada gigi yang bermasalah dan karang gigi yang numpuk jangan menunda untuk ke dokter gigi

Mari menuju masyarakat Indonesia bebas penyakit gigi dan mulut

Salam sehat,

12647106_1036379033093290_1074101418363312204_n

Refrensi

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC88948/

http://cjasn.asnjournals.org/content/6/1/218.full

Skip to toolbar