Welcome to Difa Oral Health Center

Opening Hours : Selasa-Jumat 14:00-20:00, Sabtu-Minggu 09:00-15:00
  Contact : +62813-1650-6535

hiv and dentist

HIV dan Klinik Gigi

Ketika difa OHC menyatakan diri sebagai #klinikGigiRamahODHA, pertanyaan yang pertama timbul adalah tentang sterisasi alat yang kami gunakan. Disini kami sadar bahwa informasi tentang virus  itu sendiri masih sangat rendah dimasyarakat termasuk di teman-teman ODHA itu sendiri.

Apa saja si fakta tentang virus HIV yang berkaitan dengan praktek kedokteran gigi? Yuk kita simak fakta2 nya..

Virus HIV tidak dapat hidup di luar tubuh manusia. Dan akan mati dengan sendirinya setelah keluar dari tubuh selama 1 jam.

Virus HIV mati pd suhu 60 derajat Celcius. Jauh lebih rendah dibandingkan spora virus hepatitis yang baru mati pada suhu 121 derajat Celcius. Maka penularan virus HIV di tempat praktek dokter gigi melalui peralatan yang digunakan adalah hampir tidak mungkin. Karena mayoritas dokter gigi mensterilisasi peralatannya dengan sterilisator yang memiliki panas suhu lebih dari 60 derajat Celcius.

Nah bagaimana dengan virus HEPATITIS yang baru mati pada suhu 121 derajat Celcius? Saat ini berbagai klinik gigi sudah dilengkapi dengan alat bernama AUTOCLAV. Autoclav adalah alat sterilisasi dengan metode panas & tekanan, memiliki suhu lebih dari 121 derajat Celcius. Dengan alat ini maka peralatan dokter gigi telah aman dari hepatitis. 

Beberapa teman ODHA menganggap fungsi sterilisasi untuk mencegah penularan virus HIV kepada pasien lain. Ternyata ini tidak sepenuhnya benar.. Di  fungsi sterilisasi alat, bagi pasien ODHA adalah untuk melindungi mereka dari penyakit-penyakit dan infeksi oportunis yang dengan mudah mengenai pasien ODHA, akibat penurunan daya tahan tubuh oleh infeksi HIV tersebut. Jadi bila pada pasien lain hal tersebut tidak akan menyebabkan masalah, tetapi pada pasien ODHA bisa terjadi infeksi.

Jadi bila difa OHC bisa menjamin bagi pasien ODHA, maka hal tersebut juga berlaku terhadap pasien lain. Karena kita menerapkan prinsip sterilisasi tadi pada semua pasien

Untuk lebih jelas tentang prinsip sterilisasi di bisa dibaca di postingan kita mengenai Universal Precautions.

Source: picture taken from theguardian.com

Skip to toolbar