Welcome to Difa Oral Health Center

Opening Hours : Selasa-Jumat 14:00-20:00, Sabtu-Minggu 09:00-15:00
  Contact : +62813-1650-6535

35130210_m

Jadikan kebiasaan menyikat gigi malam hari sebagai investasi kesehatan anda

drg. Miranda Adriani

Bagi kebanyakan orang, menyikat gigi di pagi hari akan terasa lebih berguna. Karena menyikat gigi pada pagi hari akan menghilangkan bau mulut dan rasa tidak enak pada mulut saat bangun pagi, sehingga nafas terasa lebih segar.

Namun tahukah anda, menyikat gigi di pagi hari juga membantu membersihkan sisa – sisa plak yang ada di dalam mulut.

Bagaimana dengan menyikat gigi malam sebelum tidur?

Banyak alasan yang membuat kita tidak menggosok gigi di malam hari. Bisa karena lupa, ketiduran, capek, atau memang merasa menyikat gigi di malam hari bukan merupakan suatu kewajiban.

Nah mulai sekarang, kebiasaan tersebut sebaiknya dihilangkan ya, karena sama seperti menyikat gigi di pagi hari, menyikat gigi di malam hari sangat penting untuk kesehatan gigi dan mulut. Gak percaya?

Apa yang terjadi di dalam rongga mulut di malam hari saat kita tidur?

Saat kita tidur, produksi saliva (air liur) akan menurun. Saliva merupakan salah satu bentuk pertahanan  dari tubuh untuk melawan bakteri dalam mulut dan juga menghilangkan plak.

Kondisi saliva yang berkurang dalam mulut ketika tidur ini merupakan lingkungan yang menguntungkan bagi bakteri penyebab gigi berlubang.

Pada kondisi kita tidur, bakteri menjadi lebih “aktif”  dan berkembang biak dengan bebas. Ketika disela-sela gigi kita terdapat sisa makanan, sisa makanan di gigi ini lah yang akan menjadi sumber energi untuk bakter dalam melakukan aktifitas berkembang biak dan memproduksi asam demi menghancurkan gigi dan gusi kita.

Gigi itu anugrah dari Tuhan yang wajib kita rawat.jadi biasakan menyikat gigi tepat sebelum tidur untuk membantu menghilangkan sisa – sisa plak setelah makan malam dan plak yang sudah “menempel” seharian. Sehingga bakteri tidak dapat berkembang biak untuk menghancurkan gigi kita..

Jadi, mulai sekarang kita tidak boleh melupakan sikat gigi di malam hari ya! Juga tidak boleh “cheating” hanya dengan berkumur saja, karena berkumur tidak cukup untuk membersihkan plak.

Menyikat gigi dengan rutin dan di waktu dan cara yang tepat akan mengurangi terjadi resiko gigi berlubang, dan membuat mulut kita merasa lebih segar, bersih dan kita menjadi lebih percaya diri.

Salam Sehat,

Sumber:

http://www.worldoralhealthday.com/wp-content/uploads/2014/03/FDIWhitePaper_OralHealthWorldwide.pdf

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16451540

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21356014

http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/egigi/article/view/6406

Skip to toolbar