Welcome to Difa Oral Health Center

Opening Hours : Selasa-Jumat 14:00-20:00, Sabtu-Minggu 09:00-15:00
  Contact : +62813-1650-6535

world cancer day (1)

Kalau Ada Benjolan di Dalam Mulut

Masih dalam rangka Hari Kanker Sedunia, maka kami akan kembali berbagi informasi tentang kanker. Kalau kita punya benjolan di dalam yang menghawatirkan sebagai suatu kanker, apa yang harus kita lakukan:

Yang pertama, Jangan panik dan terus berpikir positif.

Kedua, jangan ragu untuk memeriksakan bejolan kamu ke dokter gigi, kalau bisa dan ada ke dokter gigi spesialis penyakit mulut. Kita harus segera memeriksakan diri karena kunci dari keberhasilan terapi kanker adalah deteksi dan diagnosis dini.

Bila benjolan tersebut ukurannya kecil, dicurigai sebagai kanker atau tidak, sebaiknya benjolan tersebut dibuang. Benjolan akan diangkat semuanya kemudian diperiksa di laboratorium patologi anatomi. Jadi, benjolan yang sudah dipotong, akan dilihat dengan mikroskop dan diperiksa sel-selnya. Dari pemeriksaan tersebut akan ketahuan jenis benjolannya, apakah ganas atau jinak, maupun berpotensi menjadi ganas atau tidak.

Tapi harus di ingat, prosedur tadi dilakukan bila benjolannya kecil. Kecil dengan ukuran tidak lebih dari 1 centimeter. Sehingga bila dilakukan pengambilan jaringa, benjolan tersebut bisa diambil semuanya.

Bila benjolannya besar dan terlihat seperti kanker, benjolan tersebut harus tetap diambil, tapi kali ini bukan dilakukan oleh dokter gigi, melainkan oleh dokter bedah tumor. Dokter bedah tumor dikenal dengan istilah dokter spesialis bedah onkologi, gelarnya adalah Sp.B.Onk dibelakang nama sang dokter. Seorang dokter umum yang kemudian mengambil spesialis bedah umum, melanjutkan kemudian sekolah lagi untuk menjadi dokter bedah khusus tumor. Jadi pengambilan benjolan yang mengarah ke kanker sebaiknya dilakukan oleh dokter sp.B.Onk ini.

Prosedur pengambilan benjolan ini jagan dianggap sepele, karena ada prosedurnya. Mulai dari pemeriksaan MRI, tes darah, rontgen paru, dll sebagai persiapan sebelum mengambil benjolan tersebut. Prosedur ini harus dilakukan karena berguna sebagai panduan lokasi pengambilan benjolan. Serta sebagai persiapan tubuh kita menerima obat bius.

Kenapa tidak langsung dipotong saja, padahal benjolannya terlihat jelas letaknya, karena posisi benjolan itu harus diketahui secara PASTI. Sel kanker memiliki sifat akan bertambah ganas ketika sudah dikutak-katik. Sehingga pengambilannya harus pada posisi diluar dari benjolan, yang bebas dari sel kanker. Oleh sebab itu semakin kecil benjolan, semakin mudah penanganannya.

Jangan menunggu benjolan membesar dan mengganggu baru diperiksakan ke dokter yaaa..

 

Salam sehat,

Skip to toolbar