Welcome to Difa Oral Health Center

Opening Hours : Selasa-Jumat 14:00-20:00, Sabtu-Minggu 09:00-15:00
  Contact : +62813-1650-6535

Kapan Kita Perlu Melakukan Perawatan Behel

Kapan Kita Perlu Melakukan Perawatan Behel?

Sering kali muncul pertanyaan “Apakah saya sebaiknya memasang behel atau tidak?” Nampaknya pertanyaan tersebut cukup populer, baik untuk di tanyakan kepada dokter gigi, atau sekedar bertanya-tanya dalam hati. Sehingga, kami pikir topik ini yang akan menjadi bahasan kali ini.

Pasang behel atau tidak? Sebelum sampai ke pertanyaan tersebut, kita bahas dulu ya “Apa sih behel itu?”

Behel adalah alat kesehatan yang dipasang di gigi, yang berfungsi untuk mengoreksi posisi gigi ke posisi ideal. Posisi ideal tidak sama dengan rata, karena setiap gigi yang kita miliki memiliki posisi ideal masing-masing.

Selanjutnya sampailah kita ke pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh teman-teman tetang behel (kawat gigi). “Kapan sih kita perlu melakukan perawatan #behel?” Yang pasti bukan saat kita mau gaya2an ya..

Perawatan behel sebaiknya dilakukan ketika posisi gigi kita tidak ideal, seperti pada kondisi gigi yang berjejal, yang menyulitkan kita dalam melakukan pembersihan gigi, sehingga gigi kita menjadi mudah berlubang. Atau pada gigi depan atas atau bawah yang maju, sehingga menyulitkan kita ketika menutup mulut atau ketika makan terutama saat memotong makanan.

Atau bisa juga pada gigi yang posisi gigi belakangnya tidak terkatup sempurna sehingga tidak dapat digunakan untuk mengunyah makanan.

Cy_CZrEUsAAZS5o

Ada satu jenis gigitan yang banyak orang tidak tau kalau itu gigitan tersebut termasuk masalah adalah gigitan dimana gigi depan atas dan bawah ketemu. Kenapa masalah? Karena bila gigi depan atas dan bawah bertemu, gigi-gigi depan tersebut mudah menjadi aus dan patah.

 

Posisi-posisi gigi yang dijelaskan di atas, jelas-jelas menimbulkan masalah secara langsung seperti: tidak bisa mengunyah, memotong makanan, menutup mulut, dan sebagainya. Bila posisi gigi kamu seperti yang ada di foto-foto barusan tapi rasanya tidak ada keluhan apapun, apakah tetap harus melakukan perawatan behel?

Jawabannya adalah SEBAIKNYA IYA! Karena, bila posisi gigi kita diluar posisi gigi yang ideal seperti foto dibawah ini, dalam jangka panjang akan menggangu kerja sendi rahang kita.

Cy_ETaHVEAEx6pY

Apa saja tanda dari gangguan sendi rahang? Yaitu migrain atau pusing, kaku leher, kuping yang berdenging, atau nyeri pada daerah pipi. Kita semua pasti mau seumur hidup gigi kita bagus dan bertahan terus di dalam mulut, serta bisa melakukan aktivitas dengan mulut yang nyaman kan? Nah, disinilah fungsi behel/kawat gigi.

Sekarang, sesudah melihat banyak foto-foto diatas, harusnya kita sudah bisa dong ngecek susunan gigi kita masing-masing. Sudah ideal atau belum kah gigi kita?

Terakhir, satu hal penting yang perlu kita sadari ketika kita memutuskan “Oke, saya mau benerin posisi gigi dengan behel/kawat gigi” adalah rajin KONTROL. Karena sekedar memasang behel saja tidak akan membuat gigi-gigi kamu berubah posisi menjadi ideal. Tp harus digerakkan dg berbagai bahan yg menempel di behel

Ini nih yang paling salah kaprah dari banyak teman-teman yang memutuskan memasang behel di tukang gigi atau di behel online shop. Karet warna-warni yang tampak lucu yang dipasang di behel itu sebenernya digunakan untuk menggerakkan gigi, bukan semata hiasan aja. Bila pemasangannya tidak dibawah pengawasan ahlinya (yaitu dokter spesialis Orthodonti) bisa membuat gigi kamu bergerak tidak terkendali. Yang ada nanti posisi gigi teman-teman, bukannya jadi ideal tapi malah berantakan dan mengenaskan.

Jadi setiap kontrol behel, dokter gigi akan menggerakkan gigi kamu ke posisi ideal melalui karet warna-warni yang lucu itu.. Kalau tidak rajin kontrol, behelnya jadi sia-sia deh teman-teman.

Skip to toolbar