Welcome to Difa Oral Health Center

Opening Hours : Selasa-Jumat 14:00-20:00, Sabtu-Minggu 09:00-15:00
  Contact : +62813-1650-6535

Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Kesehatan Tubuh secara Keseluruhan

Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Kesehatan Tubuh secara Keseluruhan

 

Tanggal 8-11 Juli 2016 lalu salah satu dokter gigi Difa Oral Health Center (Difa OHC) yaitu drg. Widya Apsari Sp.PM mengikuti lokakarya yang diselenggarakan oleh Angsamerah dengan tema “Pengayaan Praktis; Manajemen Klinis (SEX, HIV & DRUGS), Komunikasi Interpersonal, dan Strategi Bisnis di Layanan Kesehatan Primer, bagi Dokter Umum di Layanan Sektor Swasta”. Lokakarya penuh inspirasi dan manfaat.

Loh kok dokter gigi ikut lokakaryanya dokter umum? Dengan tema SEX, HIV, & DRUG? Apa kolerasinya?

Layanan kesehatan saat ini sudah memasuki era pelayanan kesehatan melalui pendekatan berbagai disiplin ilmu. Begitu juga dengan layanan kesehatan gigi dan mulut. Berbagai kondisi kesehatan di dalam rongga mulut memiliki dampak kepada kesehatan tubuh, dan juga sebaliknya. Tidak terkecuali pada kondisi HIV, Penyakit Menular Sexual (PMS), maupun Penggunaan Drugs.

Gambaran tertentu dari rongga mulut dapat menjadi dasar diagnosis dini HIV dan juga PMS. Sehingga dokter gigi dapat menjadi orang pertama yang merujuk pasien untuk melakukan pemeriksaan diagnosis HIV dan PMS, sehingga pasien mendapat pengobatan sedini mungkin sebelum terjadi komplikasi medis yang lebih serius.

Selain itu, beberapa perawatan gigi dan mulut pada pasien dengan penyakit dan kondisi tubuh yang spesial, mengharuskan dokter gigi memiliki pengetahuan kesehatan tubuh disamping ilmu tentang gigi agar dapat merawat pasien dengan baik.

“Rongga mulut adalah cermin dari kondisi dan kesehatan tubuh anda”

Tidak hanya HIV dan PMS yang menimbulkan gambaran khusus pada rongga mulut, berbagai penyakit seperti diabetes melitis (DM), anemia, hepatitis, dan juga malnutrisi pun dapat diketahui dari kondisi rongga mulut seseorang. Dan juga kondisi CD4 yang rendah pada pasien HIV, hipertensi, gula darah tinggi pada pasien DM dan juga kadar Hemoglobin (darah merah) yang rendah pada pasien juga seharusnya menjadi perhatian yang dokter gigi sebelum memutuskan melakukan perawatan gigi pada pasien.

Sehingga sudah selayaknya seorang dokter gigi selain memiliki pengetahuan tentang bagaimana merawat gigi geligi, juga harus memiliki pengetahuan mengenai kesehatan tubuh dan penyakit sistemik agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pasien-pasiennya.

http://blog.angsamerah.com/lokakarya-angsamerah-juni-2015-praktis-dan-menginspirasi/

Jalan Benda Raya no 98G. Cilandak Timur. Jakarta Selatan.
Tep: (021)7812317. Whatsap/SMS : 081316506535. Line: bit.ly/difaOHC .BBM : 5804B228. Email :contact@difaohc.com
Skip to toolbar