Welcome to Difa Oral Health Center

Opening Hours : Selasa-Jumat 14:00-20:00, Sabtu-Minggu 09:00-15:00
  Contact : +62813-1650-6535

ilustrasi artikel

Makanan sebagai Penentu Kesehatan Gigi Anda

drg. Widya Apsari SpPM

Lapisan enamel gigi merupakan bagian terkeras dari tubuh kita. Kerusakan pada lapisan enamel gigi ini hanya dapat terjadi pada kondisi trauma dan akibat efek asam yang menyebabkan demineralisasi (larutnya mineral) pada lapisan enamel tersebut.

Kondisi demineralisasi atau hilangnya struktur mineral pada gigi hanya dapat terjadi pada kondisi keasaman (pH) antara 5,7 hingga 5,5 pada lapisan enamel tersebut.

Nah tahukah anda, bahwa makanan dan minuman yang kita konsumsi dapat dibagi kedalam 4 kelompok berdasarkan progresivitas dan penurunan pH rongga mulut dalam penyebabkan gigi berlubang .

Acidogenic

adalah makanan/minuman yang dapat menurunkan kadar pH plak menjadi di bawah 5,5 dalam waktu kurang dari 30 menit

Cariogenic

adalah makanan/minuman yang mengandung produk fermentasi kerbohidrat yang dapat dimetabolisme oleh bakteri rongga mulut. Sehingga menyebabkan penurunan kadar pH plak menjadi di bawah 5,5 dan menyebabkan demineralisasi enamel gigi dan gigi belubang.

Anticariogenic

adalah makanan/minuman yang dapat mencegah aktivitas terjadinya gigi berlubang ketika dimakan sebelum produk acidogenic

Cariostatik

adalah makanan/minuman yang tidak dapat dimetabolisme oleh bakteri pada plak dalam waktu 30 menit dan tidak menyebabkan penurunan kadar pH air ludah menjadi di bawah 5,5

Nah makanan dan minuman apa saja yang termasuk acidogenic, cariogenic, anticariogenic, dan cariogenic? Nantikan di artikel selanjutnya ya

Salam sehat,

 

Refrensi
Palmer C.A., DIET AND ORAL NUTRITION 2nd Ed, Perarson Education Inc, 2007, p: 288-289
Skip to toolbar