Welcome to Difa Oral Health Center

Opening Hours : Selasa-Jumat 14:00-20:00, Sabtu-Minggu 09:00-15:00
  Contact : +62813-1650-6535

1

Plak Challenge? Apa itu?

Tentu kamu sudah pernah mendengar yang namanya plak atau plaque.

Plak atau plaque adalah lapisan lengket berwarna putih kekuningan pada permukaan gigi, yang terdiri dari sisa makanan dan bakteri.

Timbulnya plak disebabkan oleh sikat gigi yang kurang bersih..

Nah yakin sudah menyikat gigi dengan bersih dan bebas plak?

Yuk ikutan Plak Challenge dari Oxyfresh di #bukberDifaOHC “Rahasia Nafas Segar di Bulan Puasa”, hari kamis, tanggal 15 Juni 2017, di kantor Bukalapak, Plaza City View, Kemang Timur, Jakarta Selatan..

Sampai jumpa ya..

Read More
bukber 2017 (10)

Buka puasa bareng Difa OHC yuk

Buka puasa bareng kita yuk..

Kita bakalan buka puasa sambil ngobrol seru seputar kesehatan gigi dan mulut dan nafas segar..

Acaranya gratis, dan dijamin seru karena akan ada dua narasumber kece, yaitu dokter Arfina dan Mas Bagus dari Oxyfresh yang bakal menjelaskan rahasia mendapatkan nafas segar selama puasa, dan ada dokter Adianti Sp.Ort  yang juga akan sharing tentang behel atau kawat gigi.

Yuk dateng dengan membawa sikat gigi kamu, karena akan ada Plak Challenge Oxyfresh berhadiah Paket Nafas Segar, dan juga ada hadiah utama berupa modem WiFi dari Difa Oral Health Center dan banyak hadiah lainnya yg menanti kamu..

Catet tanggal dan tempatnya, hari kamis, 15 juni 2017, pukul 16.00 di kantor Bukalapak Plaza City View kemang timur..

Informasi dan pendaftaran: 081319577908 (WA only) atau untuk pendaftaran bisa langsung lewat link ini 

Ajak temen2 kamu dan kita bersama membuat nafas segar di bulan puasa!

Read More
cara sehat berbuka puasa

Cara Sehat Berbuka Puasa

Halo sahabat Sehat, setelah sebelumnya kami berbagi cerita kenapa puasa identik dengan bau mulut? Nah kali ini kami mau share tips dari dr. Junaidi S yang banyak beredar di grup-grup chat. Terlepas dari benar atau tidaknya, karena sebagian besar isinya mirip sama artikel Difa OHC di bulan puasa tahun lalu, maka kami yakin kalau share tulisan ini gak akan berbahaya dan isi yang terkandung di dalamnya benar adanya. Oh iya, konten nya agak kami edit sedikit ya supaya lebih enak dibaca..

Mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Ketika Sahur: 

Perbanyak minum air putih, jangan lupa makan buah seporsi dan telur/ikan, tempe dengan nasi secukupnya saja.

Ketika Membatalkan Puasa (berbuka):

  1. Saat azan magrib minumlah air putih 1- 2 gelas dan 3- 4 biji kurma yang bagus. Bukan kurma yang gepeng dan kering ya, kalau bisa kurma segar.. Boleh juga makan buah yang tinggi serat seperti apel dan pir seporsi. Kemudian segera melaksanakan sholat magrib.
  2. Hindari camilan yang terbuat dari bahan tepung seperti kripik, kue kering, gorengan tepung, dll.
  3. Sehabis sholat magrib Anda boleh langsung makan malam. Usahakan banyak mengkonsumsi sayuran hijau. Jangan lupa telur, ikan bersirip, tempe, tapi nasi secukupnya saja.
  4. Sehabis tarawih, bisa makan buah, menggado sup/tumis sayuran hijau atau kacang rebus.

Jadi prinsip berbuka puasa yang sehat adalah:

  1. TIDAK HARUS minum/makan yang manis kecuali Anda dalam kondisi lemah, gemetar, keringat dingin, merasa seperti melayang.
  2. Dianjurkan mendahulukan makan makanan yang banyak kandungan gizinya seperti sayuran hijau, ikan laut bersirip, tempe, kacang-kacangan; BUKAN mendahulukan makan makanan dari tepung terigu seperti roti, kue kering, biskuit, gorengan, kripik yang umumnya rendah nutrient, tinggi kalori, rendah serat. Karena akan menyebabkan rasa kenyang sebelum tubuh mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan
  3. Sekali lagi, pilihlah makanan dan minuman yang rendah kalori. Selain itu banyak mengandung cairan, vitamin, mineral, serat, protein, dan rendah lemak.
  4. Jangan mengagetkan usus dengan memakan makanan tinggi lemak seperti gorengan, roti, soes, lapis legit, molen dan yang sulit dicerna orang dewasa seperti susu sapi.

Umumnya takjil itu aneka bubur manis dari pati, ketan, gula. Jadi tinggi gula, tinggi kalori, rendah protein dan rendah serat. Makanan seperti ini akan membuat lonjakan cepat gula darah. Bubur Biji salak lebih sehat karena terbuat dari ubi jalar tapi kuahnya JANGAN dikentalkan dengan tepung pati, dan gulanya lebih baik lagi jika dari gula kelapa.

Selain itu bubur biasanya sering dicampur dengan aneka bubur lainnya. Sehingga isinya kombinasi karbo simplex tak sehat yang rendah serat dan tinggi gula. Sehingga kalorinya menjadi tinggi. Kalau kondisi Anda baik, sebenarnya tidak perlu berbuka dengan makanan minuman berkalori tinggi. Apalagi jika Anda memiliki diabetes atau berbagai penyakit sistemik lainnya.

Demikian tips cara sehat berbuka puasa, untuk melihat tips lancar jalani puasa dari dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, FINASIM bisa dilihat disini.

Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan…. Semoga diberi kelancaran, kesehatan dan khusyu’ serta ikhlas menjalankannya. Aamiin

Salam Sehat,

 

Read More
bau mulut

Puasa dan Bau Mulut

Siapa yang suka ngerasa kalau bulan puasa mulutnya jadi lebih kering dan bau dibanding hari-hari lainnya? Nah, tidak terasa nih sebentar lagi kita memasuki Bulan Ramadhan 1438 Hijriah. Puasa memang banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh, tetapi juga tak bisa lepas dari beberapa akibat dari aktivitas puasa, salah satunya adalah bau mulut.

Bagi beberapa orang masalah bau mulut sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Memiliki halitosis (bau mulut) jelas bisa mempengaruhi kehidupan sosial Anda.

Kenapa sih Bulan Puasa (Ramadhan) identik dengan bau mulut? Apa saja sebenarnya penyebab bau mulut? Bagaimana faktor-faktor penyebab bau mulut ini bisa menyebabkan bau mulut?

Yuk kita lihat video di bawah ini..

Trus gimana agar bulan puasa ini tetap mulut tetap segar dan amal ibadah maksimal, sementara bisa intip disini postingan tips dan trik menjaga kesehatan gigi dan mulut ini dulu ya…

 

Salam Sehat dan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa..

Read More
C3zg5NLVYAEvXq3

Cancer Phobia, apa tanda-tandanya?

Kalau dari kemarin kita membahas berbagai tanda-tanda yang kita bisa curigai sebagai suatu kanker, yang mungkin akan membuat kita menjadi parno sekarang kita berbagi tentang suatu kelainan kejiwaan yang sering disebut dengan phobia yaitu Cancer Phobia. Mungkin selama ini kita hanya tahu phobia terhadap ketinggian, ruangan sempit, dll, tapi ternyata ada yang namanya Cancer Phobia.

Cancer phobia adalah suatu ketakutan yang berlebihan terhadap kemungkinan dirinya mengindap kanker. Berbeda dari phobia lain yang biasanya akan bersikap menghindari hal yang ditakuti, pada cancer phobia justru sebaliknya. Seseorang dengan cancer phobia meyakini dirinya mengindap kanker. Sehingga, seharusnya lebih cocok disebut mengalami kelainan yang disebut Hipokondriasis, daripada Cancer Phobia.

C3zibQfUoAAsnWO

Selama ini kita pernah mendengar bahwa kekuatan pikiran dapat menyembuhkan tubuh kita dari penyakit, nah begitu pula sebaliknya. Suatu pikiran negatif akan menyebabkan suatu kelainan fisik secara nyata, yang dikenal sebagai gangguan psikosomatis atau somatisasi.

C3znITsUMAEx3r8

Sehingga apa yang akan terjadi bila seseorang meyakini bahwa dirinya memiliki kanker di dalam mulutnya, yang memiliki ciri keluhan nyeri dan kebas. Maka keluhan ini akan muncul secara nyata, seperti seakan-akan orang tersebut benar-benar mengidap kanker.

Jika kita terdiagnosis kanker, sebaknya kita harus menerima ini dan menghadapinya dengan pikiran positif dan lapang dada.Ketika kamu meyakini memiliki kanker namun dokter mengatakan bahwa kamu tidak menderita kanker, dan segala hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa sel kanker itu tidak ada dalam tubuhmu, maka bersyukur dan jalani hidup dengan produktif.

 

Salam sehat.

Read More
world cancer day (1)

Kalau Ada Benjolan di Dalam Mulut

Masih dalam rangka Hari Kanker Sedunia, maka kami akan kembali berbagi informasi tentang kanker. Kalau kita punya benjolan di dalam yang menghawatirkan sebagai suatu kanker, apa yang harus kita lakukan:

Yang pertama, Jangan panik dan terus berpikir positif.

Kedua, jangan ragu untuk memeriksakan bejolan kamu ke dokter gigi, kalau bisa dan ada ke dokter gigi spesialis penyakit mulut. Kita harus segera memeriksakan diri karena kunci dari keberhasilan terapi kanker adalah deteksi dan diagnosis dini.

Bila benjolan tersebut ukurannya kecil, dicurigai sebagai kanker atau tidak, sebaiknya benjolan tersebut dibuang. Benjolan akan diangkat semuanya kemudian diperiksa di laboratorium patologi anatomi. Jadi, benjolan yang sudah dipotong, akan dilihat dengan mikroskop dan diperiksa sel-selnya. Dari pemeriksaan tersebut akan ketahuan jenis benjolannya, apakah ganas atau jinak, maupun berpotensi menjadi ganas atau tidak.

Tapi harus di ingat, prosedur tadi dilakukan bila benjolannya kecil. Kecil dengan ukuran tidak lebih dari 1 centimeter. Sehingga bila dilakukan pengambilan jaringa, benjolan tersebut bisa diambil semuanya.

Bila benjolannya besar dan terlihat seperti kanker, benjolan tersebut harus tetap diambil, tapi kali ini bukan dilakukan oleh dokter gigi, melainkan oleh dokter bedah tumor. Dokter bedah tumor dikenal dengan istilah dokter spesialis bedah onkologi, gelarnya adalah Sp.B.Onk dibelakang nama sang dokter. Seorang dokter umum yang kemudian mengambil spesialis bedah umum, melanjutkan kemudian sekolah lagi untuk menjadi dokter bedah khusus tumor. Jadi pengambilan benjolan yang mengarah ke kanker sebaiknya dilakukan oleh dokter sp.B.Onk ini.

Prosedur pengambilan benjolan ini jagan dianggap sepele, karena ada prosedurnya. Mulai dari pemeriksaan MRI, tes darah, rontgen paru, dll sebagai persiapan sebelum mengambil benjolan tersebut. Prosedur ini harus dilakukan karena berguna sebagai panduan lokasi pengambilan benjolan. Serta sebagai persiapan tubuh kita menerima obat bius.

Kenapa tidak langsung dipotong saja, padahal benjolannya terlihat jelas letaknya, karena posisi benjolan itu harus diketahui secara PASTI. Sel kanker memiliki sifat akan bertambah ganas ketika sudah dikutak-katik. Sehingga pengambilannya harus pada posisi diluar dari benjolan, yang bebas dari sel kanker. Oleh sebab itu semakin kecil benjolan, semakin mudah penanganannya.

Jangan menunggu benjolan membesar dan mengganggu baru diperiksakan ke dokter yaaa..

 

Salam sehat,

Read More
world cancer day

Apa hubungannya antara kanker dan kondisi gigi mulut?

Tanggal 4 Februari adalah Hari Kanker Sedunia, jika kita peduli dengan kenker maka itu artinya kita semua juga harus peduli dengan kesehatan gigi dan mulut. Kenapa? Apa hubungannya antara kanker dan kondisi gigi mulut?

Dalam menjalani terapi kanker yaitu kemoterapi kita membutuhkan kondisi fisik yang prima dan memiliki daya tahan tubuh yang yang baik. Selain itu terapi kanker membutuhkan daya tahan tubuh yang kuat untuk melawan segala macam efek samping dari terapi kanker. Beberapa diantara efek samping terapi kanker adalah mual, muntah, sariawan, dll.

Salah satu cara kita memperoleh kondisi fisik yang prima dan meningkatkan daya tahan tubuh ketika masa tetapi kanker tentunya melalui asupan gizi yang cukup di tubuh kita. Darimana kita mendapatkan asupan gizi? Tentunya lewat makanan. Untuk makan yang banyak  dan bergizi ini tentunya kita membutuhkan kondisi gigi dan mulut yang sehat dan bebas nyeri.

Ini kuncinya, kita makan melalui mulut, merasakan rasa makanan dengan lidah dan mengunyah menggunakan gigi. Jika ada gagguan pada gigi dan mulut ketika harus menjalani terapi kanker, sehingga kita mengalami kesulitan makan, yang terjadi adalah asupan makan berkurang dan terjadi penurunan daya tahan tubuh yang kemudian akan menyebabkan penundaan terapi kanker. Selain iu sel darah merah akan turun dibawah normal, kemungkinan akan menyebabkan terapi kankernya harus di hentikan. Kalau terapi kanker sampai di hentikan, pada akhirnya akan berujung dengan penurunan prognosis survival dari kanker.

Dari yang cuma sekedar sakit gigi, ternyata bisa berpengaruh ke terapi kanker, dan bisa menyebabkan kegagalan terapi kanker. Jadi kalau kita semua peduli dengan kanker, berarti kita juga harus peduli dengan semua aspek yang berhubungan dengan kanker.

Bagaimana caranya? yaitu dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut kita mulai detik ini juga, dan jangan sampai terjadi penyesalan di kemudian hari. Mulai sekarang buang jauh-jauh anggapan bahwa perawatan gigi itu bagian dari estetik. Karena perawatan gigi merupakan bagian dari hidup sehat.

 

Salam sehat,

 

Read More
poster A1b

Apasih Sebenarnya Fungsi Dokter Gigi?

Sambil nunggu makan siang, kita bahas hal-hal positif yuk, biar bikin semangat dan penuh rasa syukur dalam menjalani hari Jumat ini. Selama ini kalau mendengar kata “dokter gigi” pasti otak kita langsung mengarah pada hal-hal yang berkaitan sama rasa linu, sakit, bur, suntik. Pasti semua jawabnya IYA.

Yuk coba dingat-ingat, apakah dulu ada yang pernah ditakut-takutin sama orang tuanya dengan cara “Awas loh kalau nakal disuntik terus dicabut sama dokter gigi!!” Atau ada yang sekarang sudah jadi orang tua, dan pernah menakut-nakuti anaknya seperti itu? Duh kok serem amat ya dokter giginya. Sudah seperti lagunya Susan saja, “Mau jadi dokter karena mau suntik orang lewat…”

Balik lagi ke hal-hal positif. Selama ini pernah kepikiran tidak, apa sih gunanya kita merawat gigi? Tentunya selain untuk menghindari sakit gigi! Atau mungkin ada yang merawat gigi untuk menghindari pergi ke dokter gigi?!

Nah, sebenarnya merawat gigi dan mulut itu fungsinya adalah untuk menjaga kualitas hidup kita dan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Mungkin bagi kita yang sudah merasa memiliki tubuh yang sehat, mungkin kesehatan gigi dan mulut belum mejadi kebutuhan utama. Tapi kalau sudah mengalami sakit, terutama sakit kanker, kesehatan gigi dan mulut itu akan menjadi golden ticket buat survive. Baik survive dari penyakit kankernya maupun dari terapi kanker yang dijalani.

Kok bisa?!

Pengindap kanker membutuhkan asupan gizi yang lebih dibandingkan org sehat, dan cara kita mendapatkan asupan gizi adalah melalui mulut. Ketika makanan masuk ke dalam mulut, berarti kita perlu gigi untuk mengunyah makanan tersebut. Apa yang terjadi kalau kita punya masalah di dalam rongga mulut? Sulit makan, tidak nafsu makan, adalah salah satunya, yang akhirnya akan mengakibatkan kurang asupan nutrisi.

Malnutrisi adalah suatu kondisi yang sangat memegang peranan kegagalan dan delay treatment dalam perawatan kanker. Kita harus mengupayakan nutrisi yang baik bagi pasien kanker. Artinya kita juga harus mengupayakan kesehatan gigi dan mulut.

Nah, apakah dokter gigi hanya akan berfungsi jika kita mengalami sakit pada gigi? Ini adalah pendapat yang selama ini keliru. Selain untuk mengobati, peran dokter gigi juga untuk menjaga gigi dan mulut kita semua tetap sehat.

poster A1ba

Jadi mulai sekarang yuk mulai ubah mindset kita selama ini tetang dokter gigi yang identik dengan RASA NGILU, SAKIT dan SUNTIK menjadi AGAR SEHAT. Karena kita semua ingin hidup sehat. Kita harus menjadi sehat untuk tetap produktif, agar berguna bagi orang tua kita, masyarakat,bangsa dan negara.

Dan tentunyanya mejadi sehat untuk melihat dan menemani anak-anak kita tumbuh dan menemaninya hingga dewasa. Jaga kesehatan mulai dari sekarang, dan jadikan dokter gigi sebagai patner kita dalam mendapatkan kesehatan gigi dan mulut secara menyeluruh.

Salam sehat,

Read More
Kapan Kita Perlu Melakukan Perawatan Behel

Kapan Kita Perlu Melakukan Perawatan Behel?

Sering kali muncul pertanyaan “Apakah saya sebaiknya memasang behel atau tidak?” Nampaknya pertanyaan tersebut cukup populer, baik untuk di tanyakan kepada dokter gigi, atau sekedar bertanya-tanya dalam hati. Sehingga, kami pikir topik ini yang akan menjadi bahasan kali ini.

Pasang behel atau tidak? Sebelum sampai ke pertanyaan tersebut, kita bahas dulu ya “Apa sih behel itu?”

Behel adalah alat kesehatan yang dipasang di gigi, yang berfungsi untuk mengoreksi posisi gigi ke posisi ideal. Posisi ideal tidak sama dengan rata, karena setiap gigi yang kita miliki memiliki posisi ideal masing-masing.

Selanjutnya sampailah kita ke pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh teman-teman tetang behel (kawat gigi). “Kapan sih kita perlu melakukan perawatan #behel?” Yang pasti bukan saat kita mau gaya2an ya..

Perawatan behel sebaiknya dilakukan ketika posisi gigi kita tidak ideal, seperti pada kondisi gigi yang berjejal, yang menyulitkan kita dalam melakukan pembersihan gigi, sehingga gigi kita menjadi mudah berlubang. Atau pada gigi depan atas atau bawah yang maju, sehingga menyulitkan kita ketika menutup mulut atau ketika makan terutama saat memotong makanan.

Atau bisa juga pada gigi yang posisi gigi belakangnya tidak terkatup sempurna sehingga tidak dapat digunakan untuk mengunyah makanan.

Cy_CZrEUsAAZS5o

Ada satu jenis gigitan yang banyak orang tidak tau kalau itu gigitan tersebut termasuk masalah adalah gigitan dimana gigi depan atas dan bawah ketemu. Kenapa masalah? Karena bila gigi depan atas dan bawah bertemu, gigi-gigi depan tersebut mudah menjadi aus dan patah.

 

Posisi-posisi gigi yang dijelaskan di atas, jelas-jelas menimbulkan masalah secara langsung seperti: tidak bisa mengunyah, memotong makanan, menutup mulut, dan sebagainya. Bila posisi gigi kamu seperti yang ada di foto-foto barusan tapi rasanya tidak ada keluhan apapun, apakah tetap harus melakukan perawatan behel?

Jawabannya adalah SEBAIKNYA IYA! Karena, bila posisi gigi kita diluar posisi gigi yang ideal seperti foto dibawah ini, dalam jangka panjang akan menggangu kerja sendi rahang kita.

Cy_ETaHVEAEx6pY

Apa saja tanda dari gangguan sendi rahang? Yaitu migrain atau pusing, kaku leher, kuping yang berdenging, atau nyeri pada daerah pipi. Kita semua pasti mau seumur hidup gigi kita bagus dan bertahan terus di dalam mulut, serta bisa melakukan aktivitas dengan mulut yang nyaman kan? Nah, disinilah fungsi behel/kawat gigi.

Sekarang, sesudah melihat banyak foto-foto diatas, harusnya kita sudah bisa dong ngecek susunan gigi kita masing-masing. Sudah ideal atau belum kah gigi kita?

Terakhir, satu hal penting yang perlu kita sadari ketika kita memutuskan “Oke, saya mau benerin posisi gigi dengan behel/kawat gigi” adalah rajin KONTROL. Karena sekedar memasang behel saja tidak akan membuat gigi-gigi kamu berubah posisi menjadi ideal. Tp harus digerakkan dg berbagai bahan yg menempel di behel

Ini nih yang paling salah kaprah dari banyak teman-teman yang memutuskan memasang behel di tukang gigi atau di behel online shop. Karet warna-warni yang tampak lucu yang dipasang di behel itu sebenernya digunakan untuk menggerakkan gigi, bukan semata hiasan aja. Bila pemasangannya tidak dibawah pengawasan ahlinya (yaitu dokter spesialis Orthodonti) bisa membuat gigi kamu bergerak tidak terkendali. Yang ada nanti posisi gigi teman-teman, bukannya jadi ideal tapi malah berantakan dan mengenaskan.

Jadi setiap kontrol behel, dokter gigi akan menggerakkan gigi kamu ke posisi ideal melalui karet warna-warni yang lucu itu.. Kalau tidak rajin kontrol, behelnya jadi sia-sia deh teman-teman.

Read More
OH (1)

Cek Kesehatan Gigi dan Mulut!

Semua orang pasti pengen memiliki gigi sehat dan terhindar dari lubang gigi, masalahnya tidak semua mengerti bagaimana cara mengenali apakah selama ini gigi kita sehat-sehat saja atau ternyata bermasalah.

Yuk dibantu dengan gambar dibawah ini, coba kita cek kondisi gigi kita..

OH (2)

Ambil cermin dan cek kondisi gigi kita ya. Kemudian coba kita hitung berapa indeks DMFT kita?! Apakah sudah terbebas dari segala penyakit gigi dan mulut?

Read More
Skip to toolbar