Welcome to Difa Oral Health Center

Opening Hours : Selasa-Jumat 14:00-20:00, Sabtu-Minggu 09:00-15:00
  Contact : +62813-1650-6535

Rekam Medis.. Simbol Kepedulian Dokter terhadap Pasien

Rekam Medis.. Simbol Kepedulian Dokter terhadap Pasien

Undang – undang nomor 29 tahun 2004 tentang Prakek Kedokteran pasal 46(1) yang berbunyi  “Setiap dokter dan dokter gigi dalam menjalankan prakek kedokteran wajib membuat rekam medis.”

 

Baru-baru ini Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) mengeluarkan petunjuk rekam medis untuk dokter gigi yang berpraktek. Di dalam petunjuk tersebut disebutkan bahwa dokter gigi wajib membuat odontogram dari setiap pasien yang ada.

Apa itu odontogram ?

Odontogram adalah chat yang berisi nomenklatur seluruh gigi seseorang. Nah, disini PDGI menganjurkan untuk dokter gigi wajib mencatat seluruh kondisi dari gigi geligi pasiennya.

Kenapa pencatatan seluruh kondisi gigi menjadi penting ?

Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya, kondisi gigi geligi tidak ada yang sama untuk setiap orang, dan gigi merupakan bagian tubuh yang sangat kuat, sehingga gigi dapat menjadi petunjuk identifikasi seseorang bila terjadi musibah atau bencana. Di sini lah peran pentingnya odontogram di praktek dokter gigi.

Namun, odontogram secara konvensional di atas kertas menjadi permasalahan tersendiri bagi klinik. Karena semakin bertambahnya jumlah pasien, semakin banyak pula penumpukan status pasien, ruang penyimpanan menjadi sulit, pencarian berkas rekam medis pasien pun sulit dan memakan waktu lama. Kondisi ini membuat pasien harus menunggu lama sebelum dilayani.

Adakah solusi untuk permasalahan ini?

Segala permasalahan rekam medis adalah DIGITALISASI REKAM MEDIS. 

Rekam medis digital memungkinkan dokter gigi dapat membuat rekam medis yang selengkap-lengkapnya sesuai dengan anjuran PDGI tanpa khawatir mengenai proses penyimpanannya. Tidak ada lagi penumpukan berkas, rekam medis yang tercecer, tidak ketemu, dan juga rekam medis ganda. Dalam hitungan detik dan hanya dengan “klik”, rekam medis sudah sampai ke dokter dan pasien dapat langsung tertangani.

Sudah saatnya dokter gigi Indonesia melek akan teknologi digital..

Salam sehat,

Demo versi Doctor Assist klik di sini 

Contact Doctor Assist:
Malaysia :+603-8065-1088
Indonesia :+62 821 8345 3633 (Darius)
enquiry@wammap.com

 

Skip to toolbar