Welcome to Difa Oral Health Center

Opening Hours : Selasa-Jumat 14:00-20:00, Sabtu-Minggu 09:00-15:00
  Contact : +62813-1650-6535

global economic impact

Sakit Gigi dan Pengaruhnya terhadap Perekonomian Dunia

drg. Miranda Adriani 

Kesehatan mulut yang buruk tentu saja akan banyak berpengaruh pada setiap orang. Dari mulai merasakan sakit yang luar biasa dari sakit giginya, tidak bisa mengunyah dengan baik, kurangnya rasa percaya diri karena gigi yang ompong atau kehitaman, dan yang paling terasa tidak enak, tentu saja uang atau beban finansial yang harus ditanggung setiap orang ketika berobat ke dokter gigi. Tapi apakah pernah terpikir, adakah pengaruhnya terhadap perekonomian dunia?

Baru – baru ini terdapat sebuah jurnal yang berisi penelitian tentang efek penyakit pada mulut pada perekonomian dunia. Jurnal tersebut berjudul “Global Economic Impact of Dental Diseases” yang dipublikasikan oleh JDR (Journal of Dental Research). Dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dampak perekonomian global penyakit gigi pada tahun 2010 mencapai US$442.000.000.000.

Perhitungan ini dibagi menjadi dua, yaitu dari pengeluaran langsung (direct costs) sebesar US$298.000.000.000 dan pengeluaran tidak langsung (indirect costs) sebesar US$144.000.000.000.

Kebayang gak sih banyaknya jika dirupiahkan?

Pengeluaran langsung atau yang bisa disebut direct costs, dihitung dari jumlah uang yang dikeluarkan setiap orang untuk merawat sakit giginya. Misalnya ketika sakit gigi, kita ke dokter gigi untuk merawat gigi kita, dan kita membayar biaya perawatan di dokter gigi tersebut. Nah total direct costs inilah yang mencapai US$298.000.000.000 per tahunnya. Angka ini sesuai dengan rata-rata 4,6% dari total keseluruhan belanja kesehatan global. Cukup banyak ya jumlahnya untuk penyakit yang mungkin dianggap sepele untuk banyak orang.

Sedangkan untuk pengeluaran tidak langsung atau indirect costs, dihitung dari jumlah kerugian yang terjadi ketika kita tidak masuk kerja, tidak masuk sekolah atau bahkan konsentrasi yang menurun karena sakit gigi. Ketika kita sakit gigi, baik karena gusinya bengkak atau sakit nyut-nyutan sampai ke kepala, tentu aktivitas kita sehari-hari jadi terhambat, dan tidak jarang banyak orang yang izin dari kantor atau sekolah.

Jutaan jam kerja dan sekolah telah hilang pertahunnya, sehingga terjadi dampak negatif ekonomi jangka panjang yang menghambat kemajuan dan perkembangan individu maupun lingkup sosial. Nah, kerugian-kerugian seperti inilah yang ketika dihitung totalnya mencapai US$144.000.000.000 per tahunnya.

Besar sekali ya kerugian yang ditimbulkan karena sakit gigi ini!

Bila ditelaah lagi, memang penyakit gigi dan mulut ini bisa menimbulkan kerugian dari berbagai sisi. Dari segi ekonomi seperti yang sudah disebutkan di atas, ada direct costs dan indirects costs. Ditambah lagi jika pasien tidak selesai melakukan perawatan, lalu kembali lagi ketika keadaan penyakitnya sudah semakin parah. Biaya akan semakin meningkat bukan?

Selain itu, sakit gigi juga berkaitan dengan penyakit-penyakit lainnya lho. Seperti penyakit jantung, diabetes, kanker, bahkan berhubungan dengan kondisi kehamilan. Biaya pengobatan-pengobatan ini tentu tidak kecil.

Sayang kan, hanya karena sakit gigi, jadi merembet kemana-mana dan biaya yang dikeluarkan semakin besar.

Jadi, bisa dilihat ya, menjaga kesehatan gigi dan mulut efeknya begitu besar bahkan sampai ke tingkat global. Dengan adanya perbaikan kesehatan gigi dan mulut secara global, bisa memberikan dampak positif terhadap perekonomian, tidak hanya dari segi menurunnya kerugian dari perawatan gigi, tetapi juga menurunnya kerugian tingkat produktivitas di pasar tenaga kerja.

Sekarang kembali ke diri kita masing-masing, apakah mau menjaga kesehatan gigi dan mulut atau ikut berkontribusi dalam kerugian perekonomian dunia.

Salam sehat

Sumber:

http://jdr.sagepub.com/content/94/10/1355

http://www.worldoralhealthday.com/wp-

content/uploads/2014/03/FDIWhitePaper_OralHealthWorldwide.pdf

http://www.fdiworldental.org/media/77552/complete_oh_atlas.pdf

http://www.scielosp.org/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0042-96862005000900011

Skip to toolbar