Welcome to Difa Oral Health Center

Opening Hours : Selasa-Jumat 14:00-20:00, Sabtu-Minggu 09:00-15:00
  Contact : +62813-1650-6535

anak-anak

Siapakah yang Harus Berperan dalam Pendidikan Kesehatan Untuk Anak ?

drg. Miranda Adriani

Keluarga dan sekolah menjadi kunci dalam perkembangan individu anak-anak. Dan banyak penelitian yang menyatakan bahwa orang tua dan sekolah berperan penting dalam membantu anak dalam menjaga kesehatan gigi.  

Anak-anak menghabiskan sebagian waktunya di institusi pendidikan yang memiliki pengaruh besar terhadap hidup mereka. Sekolah sebagai tempat mereka belajar dan berkembang, menanamkan keyakinan, mengasah ketrampilan, dan menjadi lingkungan penting untuk mengembangkan kebiasaan hidup sehat seperti kesehatan gigi. Dan keluarga sebagai lingkungan yang menjaga dan mendukung kebiasaan hidup sehat yang diberikan di sekolah tersebut.

Bagaimana dengan pendidikan kesehatan, terutama kesehatan gigi?

Kita tahu bahwa pendidikan kesehatan gigi memegang perawan penting dalam kesehatan, perkembangan dan pertumbuhan dan juga prestasi anak di sekolah. (Apakah gigi anak harus dirawat?)

Namun siapakah yang memiliki peranan dalam memberikan pengetahuan kesehatan gigi tersebut? Apakah guru? orangtua? dokter gigi? 

World Health Organization (WHO) mengeluarkan rekomendasi untuk melakukan  promosi kesehatan gigi dan mulut di sekolah-sekolah di seluruh dunia. Sekolah dipandang sebagai tempat yang paling efektif untuk meningkatkan kesehatan gigi karena melalui sekolah promosi kesehatan gigi tersebut dapat menjangkau lebih dari 1 milyar anak di seluruh di dunia. Dengan demikian diharapkan banyak anak-anak sadar untuk menjaga kesehatan giginya dari kecil.

Sebagai nilai tambah, pendidikan kesehatan gigi ini sederhana dan sifatnya tidak hanya sementara.

Sederhana, karena pendidik hanya menciptakan kebiasaan yang baik pada anak untuk menjaga kebersihan gigi dan mulutnya dan kesehatan seluruh tubuhnya.  Lebih mudah dan cost effective daripada di saat anak dewasa, mereka harus bolak-balik ke dokter gigi karena sakit gigi.

Tidak sementara, karena dapat memberikan pesan kepada anak bahwa kesehatan gigi dan mulut adalah hal yang penting dan harus dijaga, sehingga di masa yang akan datang memiliki pengaruh yang besar pada kondisi gigi dan kesehatan tubuhnya secara umum sampai mereka tua nanti.

Nah sudahkan sekolah anda atau sekolah anak anda menjalankan rekomendasi dari WHO ini? Jika sudah menjalankan dengan menyediakan dokter gigi dilingkungan sekolah, apakah dokter gigi tersebut sudah menjalankan upaya promosi kesehatan ini atau hanya mengobati anak-anak yang giginya sakit saja?

Difa Oral Health Education for Childrenposter difaEdu anak

Refrensi:

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3222359/pdf/1900.pdf

http://www.ijdr.in/article.asp?issn=0970-9290;year=2010;volume=21;issue=2;spage=253;epage=259;au

http://www.who.int/bulletin/volumes/83/9/677.pdf

http://www.scielo.br/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S1807-25772015000500285

http://www.hindawi.com/journals/aph/2015/651836/

http://www.scielo.br/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S1806-83242008000400010

Skip to toolbar