Welcome to Difa Oral Health Center

Opening Hours : Selasa-Jumat 14:00-20:00, Sabtu-Minggu 09:00-15:00
  Contact : +62813-1650-6535

All Posts Tagged: bau mulut

bau mulut

Puasa dan Bau Mulut

Siapa yang suka ngerasa kalau bulan puasa mulutnya jadi lebih kering dan bau dibanding hari-hari lainnya? Nah, tidak terasa nih sebentar lagi kita memasuki Bulan Ramadhan 1438 Hijriah. Puasa memang banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh, tetapi juga tak bisa lepas dari beberapa akibat dari aktivitas puasa, salah satunya adalah bau mulut.

Bagi beberapa orang masalah bau mulut sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Memiliki halitosis (bau mulut) jelas bisa mempengaruhi kehidupan sosial Anda.

Kenapa sih Bulan Puasa (Ramadhan) identik dengan bau mulut? Apa saja sebenarnya penyebab bau mulut? Bagaimana faktor-faktor penyebab bau mulut ini bisa menyebabkan bau mulut?

Yuk kita lihat video di bawah ini..

Trus gimana agar bulan puasa ini tetap mulut tetap segar dan amal ibadah maksimal, sementara bisa intip disini postingan tips dan trik menjaga kesehatan gigi dan mulut ini dulu ya…

 

Salam Sehat dan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa..

Read More
Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Saat Puasa Ramadhan

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Saat Puasa Ramadhan

drg. Dita Firdiana

Tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan bagi yang beragama islam. Dalam menyambut bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, ada beberapa tips menjaga kesehatan gigi agar tidak mengganggu ibadah puasa kita.

1. Menyikat Gigi 2x Sehari, Setelah Makan Sahur dan Sebelum Tidur
Menyikat gigi menggunakan pasta gigi ber-fluoride setelah makan sahur dan sebelum tidur di malam hari wajib dilakukan agar sisa-sisa makanan yang ada di mulut bisa dibersihkan sehingga tidak diubah oleh bakteri di dalam mulut menjadi asam yang dapat mengakibatkan karies/lubang gigi.

2. Membersihkan Lidah
Jangan lupa untuk menyikat juga permukaan lidah Anda selagi menyikat gigi agar kuman-kuman penyebab bau mulut dari sisa makanan yang tidak terlihat juga dapat dibersihkan.

3. Berkumur Saat Berwudhu
Saat berwudlu sebelum sholat, berkumurlah dengan benar. Ini gunanya untuk membersihkan kotoran-kotoran dan bakteri di dalam mulut khususnya di sela-sela gigi. Berkumur saat wudhu terutama bagi umat muslim yang menjalankan ibadah shalat lima waktu dalam sehari juga dapat membantu mengurangi gejala mulut kering saat kita berpuasa, tentunya jangan sampai lupa apalagi sengaja hingga tertelan ya. Jadi, sebenarnya tidak ada alasan bagi Anda yang berpuasa untuk mengalami kekeringan di rongga mulut.

4. Perbanyak Minum Air Mineral Saat Sahur dan Berbuka
Air mineral adalah komponen utama dari tubuh kita. Tapi yang lebih penting lagi air mineral juga komponen utama dari air liur yang berfungsi untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi dan juga mengandung mineral-mineral yang diperlukan gigi. Banyak minum juga dapat mencegah dehidrasi, dan menghindari bau mulut yang disebabkan oleh mulut kering.

Hindari minuman yang mengandung soda dan kafein karena dapat merusak dan mewarnai gigi (udah lihat video #difaEDU mengenai ini?).

5. Perbanyak Makan Makanan yang Berserat Tinggi (Buah dan Sayuran) saat Sahur dan Berbuka
Kandungan vitamin, mineral dan serat yang terdapat dalam buah dan sayuran dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut terlebih saat puasa. Rasulullah SAW saja membiasakan selalu berbuka dengan buah kurma.

6. Stop Kebiasaan Buruk
Kebiasaan buruk seperti merokok selain hukumnya haram juga dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi dan jaringan periodontal. Selain itu merokok juga bisa membuat rongga mulut menjadi kering, yang mana bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut. Gak mau donk ya?

7. Hindari Obat Kumur yang Mengandung Alkohol
Obat kumur yang mengandung Alkohol dapat menyebab rongga mulut menjadi lebih kering, yang mana bisa meningkatkan resiko bau mulut. Ih, puasa kan mulut udah kering ya, masa mau di tambahin jadi lebih kering(?)

8. Periksa Gigi Secara Rutin
Lakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara rutin dan berkala minimal 6 bulan sekali ke dokter gigi dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut anda. Nah menjelang Puasa Ramadhan seperti sekarang adalah salah satu waktu yang tepat untuk pergi mengunjungi dokter gigi langganan Anda.

Demikian tips menjaga kesehatan gigi selama puasa di bulan Ramadhan agar dengan gigi sehat, dan insyaAllah dalam menjalankan amal ibadah kita pun menjadi lebih maksimal.

Salam sehat,

Referensi:

Peedikayil FC, Thomas A, Naushad MC, Narayanan A. Management of muslim dental patient while fasting. Eur J Gen Dent 2014;3:82-4
AHC of University Minnesota
Factors Influencing Smoking Behaviour Changes during Ramadan among Malay Male Students. J Fasting Health. 2015; 3(3):97-102.

Read More
halitosis

7 Fakta Tentang Bau Mulut

drg. Dita Firdiana

Fakta 1: Bau mulut atau halitosis dapat berdampak pada kehidupan sosial.

Fakta 2: Mayoritas orang yang memiliki bau mulut tidak menyadari bahwa dirinya memiliki bau mulut yang tidak sedap. Hal ini disebabkan oleh adanya proses adaptasi dari indra peciuman seseorang terhadap bau mulutnya sendiri. Keluhan mengenai bau mulut justru dikemukakan oleh orang-orang sekeliling yang pada akhirnya  membuat orang menyadari mengenai masalah bau mulutnya tersebut.

Fakta 3: Obat kumur yang mengklaim bisa mengatasi masalah bau mulut sebenarnya hanya bersifat sementara dan “masking effect”

Fakta 4: Ada pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter untuk mengukur kadar bau mulut seseorang dengan cara mencium aroma mulut secara langsung dengan jarak 20 cm dari mulut pasien. Pemeriksaan ini dinamakan pemeriksaan organoleptic

Fakta 5: Sembilan puluh persen penyebab bau mulut disebabkan oleh masalah di dalam mulut seperti gigi berlubang dan juga karang gigi. Dan 10% nya dapat berasal dari masalah di luar rongga mulut, seperti masalah pencernaan, sinusitis, paru-paru dan sebagainya.

Fakta 6: Sebanyak 1 triliun dollar Amerika Serikat pertahun habis untuk pembelian obat kumur untuk mengatasi masalah bau mulut, yang sebenarnya hanya bersifat sementara, “masking effect”, dan tidak mengatasi bau mulut sampai ke penyebab sebenarnya.

Fakta 7: Halitofobia adalah seseorang yang merasa khawatir dan takut berlebihan terhadap bau mulutnya sendiri.

Refrensi:

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3633265/

Read More
angsamerah title

Kesehatan gigi dan mulut se-TABU kesehatan reproduksi ?

drg. Widya Apsari Sp.PM

Mungkin anda berpikiran apa hubungannya kesehatan gigi dan mulut dengan kesehatan reproduksi?

Anda merasa dua hal ini adalah hal yang sangat bertolak belakang? Apakah anda masih menganggap klinik gigi dan mulut itu lebih memiliki kemiripan dengan klinik kecantikan daripada klinik reproduksi?

Saya tidak akan menyalahkan opini anda. Tapi menurut saya tidak demikian.. Mengapa?

Privasi

Beberapa masyarakat masih menganggap rongga mulut merupakan bagian tubuh yang bersifat pribadi dan privasi. Merasa yang boleh melihat kondisi rongga mulut adalah hanya diri sendiri. Adanya rasa malu ketika membuka mulut lebar-lebar menunjukkan rongga mulut merupakan bagian tubuh penuh privasi.

Nah, bagaimana dengan orgam reproduksi? Tentu  tidak usah kita bahas lagi, sedari kecil kita sudah diajari bahwa organ reproduksi adalah bagian tubuh yg tidak pantas untuk diperlihatkan. Sampai bagian tubuh yang berhubungan dengan organ reproduksi ini dinamakan organ intim bukan?

Permasalahan dengan aroma tidak sedap

Baik rongga mulut maupun organ reproduksi sama-sama memiliki masalah dengan “bau”. Dan berlomba-lomba masyarakat maupun perusahaan membuat produk “Pewangi” baik untuk organ reproduksi maupun rongga mulut.

Satu gejala banyak kemungkinan penyakit

Rongga mulut dan organ reproduksi sama-sama memiliki rahasia tersembunyi. Contohnya keluhan sariawan. Apakah sariawan adalah sekedar sariawan? Mayoritas dari keluhan sariawan dapat menjadi penanda penyakit lain pada tubuh anda seperti alergi, infeksi virus herpes, kanker mulut, atau sariawan yg anda keluhkan bisa jadi tampilan penyakit menulat seksual (PMS) pada rongga mulut.

Hal yang sama juga pada keluhan keputihan pada organ reproduksi. Keputihan dapat dianggap normal, sampai akibat infeksi bakteri, maupun dapat menjadi suatu gejala kanker serviks.

Do It Your Self

Mungkin ini terdengar ekstrim, tp menurut saya dalam mengobati keluhan baik pada rongga mulut maupun organ reproduksi, masyarakat kita cenderung berani coba-coba.

Mengapa? Karena sama-sama malu atau malas berobat, takut ketahuan penyakitnya apa, dan takut mahal. Tapi kalau sudah parah, pasti berobat. Kalau sudah merasa baikan, tidak akan kembali lagi untuk kontrol dan melanjutkan pengobatan. Jadi selagi masih bisa pergi ke toko obat dan membeli obat sendiri, mengapa harus saya pergi ke dokter?

Contohnya, keluhan bau mulut yang diatasi dengan obat kumur, bau pada organ intim diatasi dengan cairan pembersih organ intim. Padahal keluhan “bau” tersebut dapat teratasi dengan cara tersebut? Belum tentu..

Mungkin karena faktor rongga mulut dan organ reproduksi ini dianggap “urusan pribadi” maka hal yang berkaitan dengan pengobatan pun dianggap sebagai urusan pribadi juga

Mau sampai kapan kita terjebak dengan stigma ini? Yuk saatnya kita berubah..

Berani memeriksakan dan sadar akan kesehatan gigi, mulut dan organ reproduksi itu keren..

 

Spesial untuk anda dari Klinik/Yayasan Angsamerah

1510_Promo Poster_Difa-Angsamerah_ref

*untuk keterangan lebih lengkap hubungi kami.

Read More
karang-gigi

Bau Mulut

Sambut lebaran dengan gigi dan mulut bersih serta bebas bau mulut yuk..

Bau mulut gak bs dihilangin pake obat kumur loh.. Permasalahan bau mulut itu banyak dan buat ngilanginnya harus mulai dari sumbernya..

Penyebab bau mulut antara lain disebabkan oleh karang gigi, gigi berlubang, dan jumlah air ludah yang berkurang karena kurangnya asupan air saat puasa sekarang ini.. Untuk menghilangkannya kita harus tahu dulu apa penyebab dari bau mulutmu..

Penyebab paling sering adalah karena karang gigi.. Jadi yuk kita cek gigi masing-masing!

Karang gigi paling banyak ada di daerah gigi depan bawah bagian yg menghadap lidah.. Yuk coba ambil cermin masing-masing lalu perhatikan bagian itu. Ada bagian gigi yang lebih keras dan berwarna kekuningan, terasa kasar gak didaerah tersebut?

kalkulus

Lokasi paling sering berikutnya ada di gigi atas belakang dibagian yg nempel sama pipi. Nah coba diraba pake lidah ada yang kasar-kasar gak disitu?

karang gigi belakang

Kalau kalian berhasil menemukan gambaran tadi berarti itu karang gigi dan itulah tersangka utama masalah bau mulut kamu 😆

Karang gigi tidak bisa dibersihkan sendiri dirumah. Tidak hilang dengan cara menyikat gigi. Jangan juga di korek-korak pake kuku atau tusuk gigi ya karang giginya, nanti jd infeksi. Bukannya bau mulutnya hilang malah jadi bengkak gusinya.

Bagi yang punya masalah bau mulut lalu mencoba mengatasinya dengan memakai obat kumur, efeknya lebih bersifat menutupi bau mulutnya aja, bukan menghilangkan penyebabnya..

Lalu gimana dong cara ngilanginnya?! Caranya dengan skeling (pembersihan karang gigi). Di dokter gigi ada alatnya khusus. Kebetulan kami masih ada promo scaling 99 rebu, hanya sampai Lebaran loh.. Selama bulan Agustus ini kita ada Promo diskon 50% untuk pembersihan karang gigi dan GRATIS produk skeling oksigen dari Oxyresh.

Yuk kita jaga kesehatan diri kita dimulai dari hal-hal sederhana seperti mengecek kesehatan gigi mulut kamu ke dokter gigi kepercayaan kamu secara rutin tiap enam bulan sekali..

Read More
Skip to toolbar