Welcome to Difa Oral Health Center

Opening Hours : Selasa-Jumat 14:00-20:00, Sabtu-Minggu 09:00-15:00
  Contact : +62813-1650-6535

Periodontitis stages

Tahapan-tahapan Penyakit periodontal

Setelah memahami gejala-gejala penyakit peridontal, bagaimana cara kita mengetahui sudah seberapa parah penyakit periodontal yang kita derita? Sebagai perbandingan kita tahu bahwa gusi yang sehat akan terasa padat, berwarna merah muda dan tidak mudah berdarah.

Pada tahap awal (early) penyakit periodontal, yang disebut gingivitis (penyakit gusi), gusi mulai berwarna kemerahan, bengkak dan berdarah selama menyikat gigi atau flossing (membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi). Plak dan tartar mulai terkumpul di garis gusi, tetapi tulang penyangga gigi masih sehat. Menyembuhkannya cukup dengan menghilangkan iritasi maka akan memulihkan kesehatan jaringan gusi.

Tahap berikutnya (moderate) dari penyakit periodontal sudah mulai disebut periodontitis. Pada tahap ini, gusi mulai terpisah dari gigi, dan tulang penyangga di bawahnya mulai rusak, kantong gusi terbentuk dan, kadang-kadang gusi melorot mengalami resesi. Bakteri dalam plak menyebar ke kantong gusi, sehingga lebih sulit untuk menjaga permukaan gigi bersih dan mengontrol proses berjalannya penyakit.

Pada tahap lanjut (advance) dari penyakit periodontal, kantong gusi terus semakin dalam dan tulang penyangga akan mengalami kerusakan lebih lanjut. Selain itu, bakteri yang hidup di dalam kantong gusi ini lebih virulen dan berkontribusi jauh lebih ganas dalam perkembangan penyakit pediodontal. Jika tidak diobati, gigi akhirnya akan goyang dan copot sendiri.

Periodontal_Images

Sumber artikel: California Dental Association
Gambar: mizar5.com

Skip to toolbar