Welcome to Difa Oral Health Center

Opening Hours : Selasa-Jumat 14:00-20:00, Sabtu-Minggu 09:00-15:00
  Contact : +62813-1650-6535

C1t0q9CUQAEunGz

Tahukah kamu, bahwa Indonesia memiliki indeks karies yang tinggi?

Tahukah kamu, bahwa gigi yang berlubang (karies) digolongkan ke dalam penyakit infeksi bakteri loh. Nah ternyata menurut FDI, indonesia ini digolongkan dalam negara dengan indeks  tinggi, bahkan diatas Malaysia dan Brunei. Dimana rata-rata penduduk Indonesia memiliki gigi berlubang di atas 3-5 gigi.

Nah, pernahkah terpikir sebenarnya bagaimana cara mengetahui index karies itu?

Dalam ilmu epidemiologi, ilmu yang menilai pola kesehatan/penyakit dalam suatu populasi, mengenai karies gigi, ada yang namanya indeks DMFT. Indeks DMFT ini menjadi indeks yang penting sekali dalam menilai tingkat karies di suatu populasi.

Apa sih Indeks DMFT itu? Yuk coba kita simak gambar berikut:

C1uJ2p6UsAA2MF0

Indeks DMFT adalah singkatan dari Decay, Missing, Filling Teeth. Indeks DMFT menghitung jumlah gigi yang berlubang (decay), hilang karena pencabutan (Missing), dan gigi lubang yang sudah ditambal (filling). Semakin tinggi indeks DMFT dalam suatu populasi, maka menunjukkan semakin banyak orang di populasi tersebut yang memiliki gigi berlubang (karies).

Nah indeks DMFT ini bisa jadi salah satu resolusi tahun baru kita loh. Terutama bagi yang sudah memiliki anak.

Coba kita sama-sama menghitung berapa jumlah indeks DMFT kita, kemudian kita jaga agar anak-anak kita jangan sampai memiliki Indeks DMFT yang lebih besar dari kita. Karena semakin tinggi indeks DMFT, semakin tinggi pula resiko karies kita.

C1uQLIhUcAAdI1E

Gimana cara ngitungnya? Nah, bisa dilihat di postingan Cek Kesehatan Gigi dan Mulut!

One Comment
  1. Pingback: Cek Kesehatan Gigi dan Mulut! – DIFA Oral Health Center

Comments are closed.

Skip to toolbar