Welcome to Difa Oral Health Center

Opening Hours : Selasa-Jumat 14:00-20:00, Sabtu-Minggu 09:00-15:00
  Contact : +62813-1650-6535

IMG_3570

Tes HIV di Dokter Gigi?

Selama ini dokter gigi selalu identik dengan senyum indah dan gigi bagus. Namun terkadang dokter gigi lupa bahwa ruang lingkup dari dokter gigi bukan hanya gigi semata, tapi juga berbagai bagian rongga mulut seperti gusi, bibir, langit-langit, bahkan air ludah.

Saat ini berbagai penelitian di luar negri sudah melibatkan dokter gigi dalam pemeliharaan kesehatan tubuh dan juga diagnosis penyakit tubuh seperti HIV.

Bahkan bahwa tes HIV yang selama ini identik dengan menggunakan darah dapat dilakukan dengan cairan air ludah. Tes HIV dengan menggunakan air ludah dipandang lebih mudah, sederhana, dan tanpa rasa sakit, namun dengan keakuratan yang sama dengan menggunakan darah.

Nah, inovasi pemeriksaan HIV dengan air ludah ini menjadi sangat berguna dan dapat mendukung upaya pemerintah dalam mengajak sebanyak-banyaknya masyarakat untuk melakukan tes HIV dan mengenal status HIV nya.

Tadi siang tim Difa OHC berkesempatan mencoba tes HIV dengan menggunakan air ludah yang bernama ChemBio yang dibawa oleh drg. Theodorus Hedwin Sp.PM dari Amerika.

Semoga dalam waktu dekat Chembio ini dapat masuk ke Indonesia dan dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia.. Amin

Skip to toolbar