Welcome to Difa Oral Health Center

Opening Hours : Selasa-Jumat 14:00-20:00, Sabtu-Minggu 09:00-15:00
  Contact : +62813-1650-6535

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Saat Puasa Ramadhan

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Saat Puasa Ramadhan

drg. Dita Firdiana

Tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan bagi yang beragama islam. Dalam menyambut bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, ada beberapa tips menjaga kesehatan gigi agar tidak mengganggu ibadah puasa kita.

1. Menyikat Gigi 2x Sehari, Setelah Makan Sahur dan Sebelum Tidur
Menyikat gigi menggunakan pasta gigi ber-fluoride setelah makan sahur dan sebelum tidur di malam hari wajib dilakukan agar sisa-sisa makanan yang ada di mulut bisa dibersihkan sehingga tidak diubah oleh bakteri di dalam mulut menjadi asam yang dapat mengakibatkan karies/lubang gigi.

2. Membersihkan Lidah
Jangan lupa untuk menyikat juga permukaan lidah Anda selagi menyikat gigi agar kuman-kuman penyebab bau mulut dari sisa makanan yang tidak terlihat juga dapat dibersihkan.

3. Berkumur Saat Berwudhu
Saat berwudlu sebelum sholat, berkumurlah dengan benar. Ini gunanya untuk membersihkan kotoran-kotoran dan bakteri di dalam mulut khususnya di sela-sela gigi. Berkumur saat wudhu terutama bagi umat muslim yang menjalankan ibadah shalat lima waktu dalam sehari juga dapat membantu mengurangi gejala mulut kering saat kita berpuasa, tentunya jangan sampai lupa apalagi sengaja hingga tertelan ya. Jadi, sebenarnya tidak ada alasan bagi Anda yang berpuasa untuk mengalami kekeringan di rongga mulut.

4. Perbanyak Minum Air Mineral Saat Sahur dan Berbuka
Air mineral adalah komponen utama dari tubuh kita. Tapi yang lebih penting lagi air mineral juga komponen utama dari air liur yang berfungsi untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi dan juga mengandung mineral-mineral yang diperlukan gigi. Banyak minum juga dapat mencegah dehidrasi, dan menghindari bau mulut yang disebabkan oleh mulut kering.

Hindari minuman yang mengandung soda dan kafein karena dapat merusak dan mewarnai gigi (udah lihat video #difaEDU mengenai ini?).

5. Perbanyak Makan Makanan yang Berserat Tinggi (Buah dan Sayuran) saat Sahur dan Berbuka
Kandungan vitamin, mineral dan serat yang terdapat dalam buah dan sayuran dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut terlebih saat puasa. Rasulullah SAW saja membiasakan selalu berbuka dengan buah kurma.

6. Stop Kebiasaan Buruk
Kebiasaan buruk seperti merokok selain hukumnya haram juga dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi dan jaringan periodontal. Selain itu merokok juga bisa membuat rongga mulut menjadi kering, yang mana bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut. Gak mau donk ya?

7. Hindari Obat Kumur yang Mengandung Alkohol
Obat kumur yang mengandung Alkohol dapat menyebab rongga mulut menjadi lebih kering, yang mana bisa meningkatkan resiko bau mulut. Ih, puasa kan mulut udah kering ya, masa mau di tambahin jadi lebih kering(?)

8. Periksa Gigi Secara Rutin
Lakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara rutin dan berkala minimal 6 bulan sekali ke dokter gigi dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut anda. Nah menjelang Puasa Ramadhan seperti sekarang adalah salah satu waktu yang tepat untuk pergi mengunjungi dokter gigi langganan Anda.

Demikian tips menjaga kesehatan gigi selama puasa di bulan Ramadhan agar dengan gigi sehat, dan insyaAllah dalam menjalankan amal ibadah kita pun menjadi lebih maksimal.

Salam sehat,

Referensi:

Peedikayil FC, Thomas A, Naushad MC, Narayanan A. Management of muslim dental patient while fasting. Eur J Gen Dent 2014;3:82-4
AHC of University Minnesota
Factors Influencing Smoking Behaviour Changes during Ramadan among Malay Male Students. J Fasting Health. 2015; 3(3):97-102.

One Comment
  1. Pingback: Puasa dan Bau Mulut – DIFA Oral Health Center

Comments are closed.

Skip to toolbar