Welcome to Difa Oral Health Center

Opening Hours : Selasa-Jumat 14:00-20:00, Sabtu-Minggu 09:00-15:00
  Contact : +62813-1650-6535

Fakta-Fakta Kesehatan Gigi dan Mulut

Fakta Kesehatan Gigi dan Mulut

Tahukah kamu, kalau rongga mulut sering disebut sebagai ‘cermin kesehatan secara keseluruhan’. Sebagaimana yang dikatakan oleh Menteri Kesehatan “seseorang dikatakan tidak sehat bila tidak memiliki gigi-mulut yang sehat.

Tanda-tanda klinis awal gangguan kesehatan gizi atau kesehatan lainnya biasanya pertama kali terlihat di rongga mulut. Oleh sebab itu pengobatan gigi dan mulut penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Penderita diabetes yang tidak terkontrol memiliki risiko yang lebih tinggi untuk kehilangan tulang dan jaringan penyanga gigi dan penyakit periodontal yang parah. Obat hipertensi (nifedipin dan amlodipin) dan kebersihan mulut yang buruk dapat menyebabkan pertumbuhan gingiva (gusi) berlebih.

Berikut efek buruknya kebersihan mulut pada tubuh Anda:

CDx1C_nW8AAiEq5

Penyakit sistemik dan kondisi-kondisi kesehatan seperti diabetes & AIDS dapat menempatkan pasien pada risiko tinggi untuk penyakit periodontal dan malnutrisi. Gizi adalah dasar bagi rongga mulut dan secara keseluruhan, sehingga menjaga agar rongga mulut tetap sehat sangat penting untuk menjaga pasien makan dengan baik dan menjaga kualitas hidup.

Masalah pada rongga mulut seperti gigi berlubang memiliki dampak besar pada cara makan makan dan status gizi yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga menjadi suatu tantangan bagi para dokter gigi dan tenaga kesehatan gigi lainnya adalah untuk dapat mengenali masalah gizi & mengoptimalkan status gizi demi kesehatan gigi dan mulut secara total.

  1. Orang dengan penyakit Periodontal dua kali kemungkinan terkena penyakit jantung

  2. Pria dengan penyakit periodontal memiliki tujuh kali lebih besar kemungkinan mengalami disfungsi ereksi.

Bakteri dari penyakit periodontal dapat melakukan perjalanan di aliran darah ke paru-paru di mana bakteri tersebut dapat memperburuk sistem pernapasan.

Banyak yang merasa kalau Sakit gigi itu MAHAL ngobatinnya, padahal simpel dan MURAH untuk DICEGAH!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar